Hiu Paus Terdampar di Pantai Pedada

  • Bagikan
Hiu Paus (Rhincodon Typus) yang ditemukan mati terdampar di perairan pantai Pedada, Pekon Penggawalima Ilir, Kecamatan Waykrui, Pesisir Barat, Rabu (17/11). FOTO ISTIMEWA

RADARLAMPUNG.CO.ID – Seekor hiu Paus (Rhincodon Typus) ditemukan mati terdampar di perairan pantai Pedada, Pekon Penggawalima Ilir, Kecamatan Waykrui, Pesisir Barat.

Amrin (43), salah seorang nelayan mengatakan, hiu Paus itu terlihat terdampar di perairan sekitar pukul 15.00 WIB, Rabu (17/11). Awalnya hewan tersebut masih hidup. Terjebak di salah satu alat tangkap ikan tradisional milik nelayan.


“Ada nelayan hendak memeriksa jaring miliknya. Tapi saat ditarik, dia melihat ada ikan berukuran besar terjebak. Lalu nelayan di sini beramai-ramai membantu membebaskan hiu Paus itu untuk di kembalikan ke laut. Tapi upaya itu tidak berhasil, sehingga dibiarkan saja oleh nelayan,” kata Amrin.

Baca Juga:   Pohon Tumbang di Jalinbar Krui-Tanggamus, Jalan Sempat Tertutup

Dijelaskan, setelah hiu Paus itu dinyatakan mati pada Rabu petang, banyak warga yang datang untuk mengambil dagingnya.

“Kami dan warga lainnya tidak mengetahui jika ikan hiu Paus yang terdampar itu merupakan salah satu hewan yang dilindungi. Bahkan sebelumnya nelayan sudah berusaha mendorong lagi ke laut. Tapi tidak berhasil, sehingga hewan ini mati di sini,” jelasnya.

Terpisah, Kadis Perikanan Pesbar Armen Qodar mengaku belum mengetahui ada hiu Paus yang mati terdampar.

“Kita belum menerima laporan terkait kejadian itu. Nanti akan langsung kami lanjutkan ke bidang untuk datang ke lokasi. Melihat kondisi di sana seperti apa. Karena hiu Paus itu salah satu hewan yang dilindungi berdasar Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI No. 182013,” kata Armen Qodar.

Baca Juga:   Satpol PP Bergerak, Tambak Udang di Pesisir Selatan Kembali Disegel

Armen menduga hiu Paus terjebak di jaring nelayan karena cuaca buruk. Ombak menggiringnya menuju tepi pantai. (yan/ais)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan