Hiu Paus Terjerat Jaring Nelayan

  • Bagikan
Suasana pantai Sukaraja, Bandarlampung, Selasa (24/11). Diketahui seekor hiu paus sepanjang enam meter terjerat jaring nelayan dilokasi pantai Sukaraja tersebut. Foto M. Tegar Mujahid/Radarlampung.co.id
Suasana pantai Sukaraja, Bandarlampung, Selasa (24/11). Diketahui seekor hiu paus sepanjang enam meter terjerat jaring nelayan dilokasi pantai Sukaraja tersebut. Foto M. Tegar Mujahid/Radarlampung.co.id

RADARLAMPUNG.CO.ID – Seekor Hiu Paus sepanjang enam meter terjerat jaring nelayan di pesisir pantai Sukaraja, Bandarlampung, Selasa (23/11).

Momen tersebut sempat viral usai rekaman amatir warga yang tengah menyelamatkan Hiu Paus tersebar di media sosial. Dalam video tersebut nampak warga tengah berupaya mendorong badan Hiu Paus.


Hiu Paus tersebut akhir berhasil kembali ke laut lepas, usai warga berkerja keras beberapa jam untuk mendorong tubuh Hiu Paus.

Arifin, salah satu nelayan setempat mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 11.00 wib. Saat itu para nelayan juga terkejut lantaran jaring ikan yang diangkut terasa lebih berat dari biasanya.

“Waktu dilihat, ternyata ada Hiu Paus itu di dalamnya,” katanya, Rabu (24/11).

Baca Juga:   Warga Kemiling Permai Keluhkan Galian di Jalan

Arifin mengatakan, ada sekitar 50 orang yang turut dalam proses evakuasi Hiu Paus tersebut. “Ukurannya besar, jadi butuh banyak orang yang ngedorong (Hiu Paus, red) balik ke laut,” katanya.

Dalam waktu satu jam, para nelayan sekitar dan warga akhirnya berhasil mengembalikan Hiu Paus untuk berenang ke laut lepas.

“Ada sekitar 50 orang yang bantu dorong. Takutnya kalau buru-buru, Hiu Paus-nya bisa mati. Ada sekitar satu jam, baru bisa balikin Hiu Paus itu ke tengah laut,” katanya.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Suripto, salah satu nelayan lainnya. Dia mengatakan, Hiu Paus memang kerap terlihat berenang ke tepi pesisir pantai Sukaraja. Terlebih saat musim angin kencang.

Baca Juga:   Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Lampung Dilantik, Ini Susunan Pengurusnya

“Memang sering kelihatan, karena mereka (Hiu Paus, red) biasanya cari ikan kecil untuk dimakan,” katanya.

Dia juga mengakui, adanya Hiu Paus disekitar lokasi mereka mencari ikan juga cukup merugikan. Lantaran jaring mereka rusak akibat tersangkutnya Hiu Paus.

“Ya mengganggu juga, karena jaring ikan jadi rusak dan hancur kalau ada Hiu Paus yang nyangkut disitu (jaring, red),” pungkasnya. (Ega/yud)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan