Horee.. Perijinan di Mesuji Gratis

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Mesuji saat ini menerapkan sistem pengurusan izin yang cepat, sederhana dan gratis.

Kepala bidang Perizinan Mesuji Putrawan Jp, SH, mengatakan, saat ini pemerintah pusat sudah menyederhanakan persyaratan dengan menghapus izin ganguan dan surat izin tempat usaha (SITU) sebagaimana diatur dalam  Permendagri 19/2017 tentang Pencabutan Atas Permendagri Nomor 22 tahun 2016 tentang Pedoman Penetapan Izin Gangguan.


“Dengan mengacu ke permendagri tersebut, tidak ada alasan kita tarik biaya dari jenis perizinan apapun. Kecuali dari sektor IMB. Itu pun harus pemohon yang menyetorkan langsung ke kas daerah melalui bank yang ditunjuk sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan yang berlaku,” ujarnya.

Selanjutnya, di bidang perizinan di Mesuji selain gratis, juga wajib memberikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal, sederhana dan terukur.

“Yang kami beri istilah one day one product. Bahkan untuk perizinan tertentu yang tidak memerlukan persyaratan sfesifikasi teknis  rata rata kurang dari tiga jam proses perizinan dapat kami selesaikan. Mulai dari pendaftaran, verifikasi sampai dengan pengesahan. Sepanjang semua syarat telah dipenuhi. Sehingga customer service excellent dapat kami wujudkan,” tegasnya.

Dia meneruskian, semua perizinan di DPMPTSP Mesuji gratis tanpa pungutan biaya apapun. Kecuali khusus retribusi IMB dan sebaiknya pemohon dapat langsung ke kantor DPMPTSP Mesuji tanpa diwakilkan oleh pihak lain.

”Hal ini untuk menghindari pungutan pungutan tanpa dasar hokum,” tandasnya.

Sementara, Kepala DPMPTSP Mesuji Hanung Nugroho, mengatakan bahwa saat ini dengan lahirnya Peraturan Bupati 27 tahun 2017 tentang Pelimpahan Kewenangan Bupati Kepada DPMPTSP, sebanyak 27 jenis perizinan dan 5 non perizinan sudah dilaksanakan dengan penuh integritas dan efektifitas. “Demi mendukung visi dan misi bupati dengan jargon kerja cepat, kerja bersama membangun kabupaten Mesuji,” pungkasnya. (muk/gus)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan