Hujan Satu Jam Banjiri Pemukiman di Desa Sukaraja

  • Bagikan
Banjir akibat penyempitan drainase di Desa Sukaraja, Kecamatan Gedongtataan, Pesawaran, Jumat sore (15/3). FOTO FAHRURROZI/RADARLAMPUNG.CO.ID
Banjir akibat penyempitan drainase di Desa Sukaraja, Kecamatan Gedongtataan, Pesawaran, Jumat sore (15/3). FOTO FAHRURROZI/RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id – Penyempitan drainase menyebabkan banjir pada sejumlah titik di Desa Sukaraja, Kecamatan Gedongtataan, Pesawaran, Jumat sore (15/3). Kondisi tersebut juga diperburuk dengan penumpukan sampah.

“Sebelumnya nggak pernah (banjir). Mau sederas apapun hujan. Tapi ini baru satu jam hujan, air sudah masuk rumah,” keluh Rosita, warga Dusun 7, Desa Sukaraja.


Ketua RT. 03 Noval membenarkan, selain tinggginya curah hujan, penyempitan drainase menjadi penyumbang utama penyebab banjir. Ia berharap ada solusi dari pemerintah desa untuk memperbaiki drainase  yang menghubungkan ke drainse utama di Jalan Ahmad Yani.

“Drainase kita ini kan, langsung terhubung dengan drainase di jalan protokol. Alirannya langsung ke sungai. Ya, karena ada penyempitan, air masuk rumah sampai setengah meter,” ucapnya.

Baca Juga:   Empat Pekon di Wonosobo Terendam

Sementara Cici (26), warga Gang Setia Budi, Jalan Ahmad Yani, Gedongtataan mengatakan, air mulai memasuki pemukiman sekitar pukul 15.30 WIB. ”Hujan belum lama. Paling sekitar 15 menit. Air sudah masuk sampai ke dapur,” kata Cici.

Ia menduga banjir disebabkan luapan air dari drainase. ”Sungai sih, nggak ada. Kemungkinan karena  paritnya semakin mengecil. Ada sekitar 40 rumah yang kebanjiran,” ucapnya. (ozi/mel/ais)




  • Bagikan