Ibu Hamil di Mesuji Gelar Vaksinasi Perdana

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pelaksanaan vaksinasi untuk ibu hamil di Kabupaten Mesuji, baru perdana dilaksanakan di Puskesmas Sidomulyo, Kecamatan Mesuji, Rabu (8/9).

Vaksinasi ibu hamil tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Mesuji Saply TH didampingi Kepala Dinas Kesehatan Yanuar Fitrian, Inspektur Edyson Basid Habibi, Kasat Pol PP Widada Prawira, dan Camat Mesuji Timur Taufik Widodo.


Bupati Mesuji Saply th dalam sambutannya menyampaikan, dengan dianjurkannya bagi ibu hamil melakukan vaksinasi, dapat meningkatkan target capaian vaksinasi.

Sebab Kabupaten Mesuji sendiri memiliki target vaksinasi sebanyak 70 persen. Saat ini, vaksinasi di Kabupaten Mesuji masih terbilang rendah yakni baru mencapai 15 persen.

“Vaksinasi ini angkanya masih rendah, baru mencapai 15 persen. Makanya saya ingin warga kabupaten Mesuji seluruhnya melakukan vaksin, agar terlindungi dari covid-19,” kata Saply.

Baca Juga:   KM Lawit Isoter Pasien Tanpa Gejala Kembali ke Jakarta

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi ibu hamil ini, baru kali pertama dilakukan. Sebab, vaksinasi ibu hamil dianjurkan melakukan vaksinasi di usia kehamilan minimal 3 bulan atau 13 Minggu.

“Mudah-mudahan ini berjalan lancar, agar seluruh ibu hamil melakukan vaksinasi,” ungkapnya.

Selanjutnya, Saply meminta kepada ibu hamil yang ada di Kabupaten Mesuji untuk tidak takut melakukan vaksinasi.

“Karena saya sendiri sering mendengar dari masyarakat kalau ibu hamil pada ketakutan melakukan vaksinasi. Seperti takut ada efek sampingnya lah dan berbagai isu yang tidak benar,” jelasnya.

Lebih lanjut, Saply meminta kepada ibu hamil lainya yang belum sempat melaksanakan vaksinasi di Puskesmas Sidomulyo saat ini, untuk dapat menghadiri Puskesmas terdekat saja.

“Kalau tidak hamil pun silakan datang. Itu harapannya agar vaksinan bisa memenuhi target. Dan perlu diketahui juga bahwa Puskesmas sudah melakukan jemput bola,” paparnya.

Baca Juga:   Update Covid-19 Lamtim, 5.182 Pasien Sembuh

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Mesuji, Yanuar Fitrian mengatakan, selain pelaksanaan vaksinasi ibu hamil, saat ini juga di Puskesmas Sidomulyo memberikan pelayanan gratis pemeriksaan USG kepada ibu hamil.

“Pemeriksaan sendiri dilakukan langsung oleh dr. williyam. Dan perlu saya sampaikan bahwa pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas memang di setiap Rabunya dilakukan vaksinasi,” terangnya.

Dilakukannya percepatan vaksinasi ini, sambung Fitri, pihak Puskesmas yang ada di Kabupaten Mesuji sudah melakukan upaya jemput bola.

Sehingga diharapkan capaian vaksinasi sebanyak 70 persen dapat terwujud di akhir 2021.

“Mudah-mudahan, target ini tercapai, sesuai dengan yang kita harapkan,” pungkasnya. (Muk/yud)




  • Bagikan