IDI Bandarlampung Buka Konsultasi Soal Covid-19 via Whatsapp

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Masih rendahnya pemahaman masyarakat terkait covid-19 membuat Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Bandarlampung berinisiatif untuk membuka layanan ”konsultasi gratis terkait covid-19 via whatsApp”.

Layanan ini dibuka mulai Senin (5/7) lalu. Konsultasi dapat dilakukan melalui whatsApp setiap hari mulai pukul 10.00 wib sampai dengan 24.00 wib (sesuai dengan jadwal yang sudah diberikan).

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Bandarlampung, dr Aditya M Biomed saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. “Harus diakui, pemahaman masyarakat terkait covid-19 memang masih rendah,” katanya, Selasa (6/7).

Dia mengatakan, sejauh ini banyak masyarakat yang bertanya tentang persediaan antibiotik dan anti virus. Kemudian beberapa masyarakat juga masih mengaku kebingungan tentang apa yang harus dilakukan saat menjalani isolasi mandiri.

Baca Juga:   Pendaftaran CASN dan PPPK Pemprov Lampung, Tujuh Formasi Kosong

Di samping itu, dia juga mengatakan, pihaknya sepakat bahwa dalam konsultasi ini pihaknya tidak akan memberikan resep dokter karena ini sifatnya hanya konsultasi.

“Berbeda dengan pemeriksaan, disini sifatnya kita hanya memberikan solusi dan nasehat bagaimana menangani covid-19 ini. Jadi ketika mereka tidak tau harus bertanya kemana, mereka bisa bertanya ke IDI Bandarlampung,” katanya.

Karena saat ini, sambung dia, banyak masyarakat yang mendapatkan informasi melalui internet, tapi tidak bisa membuktikan kebenaran informasi tersebut. “Jadi kita sifatnya hanya memberikan edukasi kepada masyarakat terkait covid-19,” tandasnya.

Aditya juga mengatakan, sebenarnya program ini sudah pernah dilakukan pada saat awal pandemi covid-19 di Lampung. Namun, saat itu belum banyak masyarakat yang memanfaatkan program ini.

Baca Juga:   Oksigen Medis Langka, Stok RSUDAM Hanya Cukup Dua Hari, Sekprov Lampung Kumpulkan Pengusaha

“Sekarang kita buka lagi untuk masyarakat, kita berusaha meluangkan waktu untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Harapannya, dengan hal sekecil ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan,” pungkasnya. (Ega/yud)




  • Bagikan