Pesbar  

Ikan Langka Frogfish Ditemukan di Muara Belimbing


SUMBER FOTO IG @TAMBLINGWILDLIFE

RADARLAMPUNG.CO.ID – Ikan kodok atau Frogfish (Antennarius sp) ditemukan di muara Belimbing, kawasan Tambling Wild Nature Conservation (TWNC), Pesisir Barat (Pesbar), Minggu (1/5) lalu.

Berdasar unggahan akun Instagram (IG) @tamblingwildlife, ikan itu ditemukan oleh Arifin Djuna, terdampar di pinggir muara di sekitar jembatan karena arus sungai yang deras dan keruh karena hujan deras. Kondisi ikan masih dalam keadaan hidup.





Dalam akun IG itu juga dijelaskan, ikan jenis ini menurut literatur merupakan salah satu ikan yang langka dan terancam punah.

Ikan yang memiliki sirip seperti tangan yang digunakan untuk pegangan dan berjalan di dasar laut itu kini sudah jarang ditemukan oleh para ilmuwan.

Penyebab utama penurunan populasi yang sangat signifikan dari jenis ikan yang memiliki tubuh lunak, bersirip seperti tangan, dan bertanduk itu karena banyaknya populasi dan limbah yang mencemari air laut serta ada dampak dari perubahan iklim secara global.

SUMBER FOTO IG @TAMBLINGWILDLIFE

Masih ditemukannya ikan kodok ini menandakan bahwa habitat di muara sungai Belimbing masih alami dan terjaga ekosistemnya.

Staf Konservasi TWNC Ardi Bayu Firmansyah membenarkan ada penemuan ikan kodok (Frogfish) itu. Menurutnya, saat ditemukan ikan itu dalam kondisi lemas dan sekarat.

Penanganan pertama ketika itu ikan diletakkan ke dalam ember besar dengan diisi air laut. Kemudian dipindahkan ke bak yang lebih besar dengan penambahan instalasi untuk sirkulasi air dan aerator yang hidup 24 jam.

“Sampai saat ini kondisi ikan langka itu sudah membaik. Bahkan sudah mau makan udang hidup,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perikanan Pesbar Armen mengatakan, penemuan ikan langka di kawasan konservasi TWNC tepatnya di muara Belimbing, Kecamatan Bengkunat itu menandakan bahwa masyarakat, terutama nelayan di wilayah itu tetap menjaga keberadaan hewan laut yang dilindungi, dan ekosistem yang ada.

“Dengan adanya ikan kodok yang ditemukan di wilayah muara sungai belimbing tersebut membuktikan bahwa diperairan Pesbar ini juga tersimpan hewan laut yang langka,” katanya, Kamis (5/5). (yan/ais)