Ikut PEDA KTNA, Ribuan Petani dan Nelayan Hadir di Lamsel

  • Bagikan
Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Taufik Hidayat (tiga dari kiri) bersama Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto (empat dari kiri) saat pembukaan PEDA KTNA di Kalianda Lamsel, Senin (15/7). Foto Humas Pemkab Lamsel

radarlampung.co.id – Sebanyak 1.500 Peserta Hadir pada perhelatan Pekan Daerah (PEDA) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XVI tingkat Provinsi Lampung tahun 2019. Acara dipusatkan di Lapangan Cipta Karya Kalianda, dibuka secara resmi oleh Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Provinsi Lampung Ir. Taufik Hidayat, Senin (15/7).

Turut hadir Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto bersama bupati/walikota se-Provinsi Lampung, serta Forkopimda Lampung Selatan, perwakilan Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian RI, Wakil Ketua KTNA Nasional Zulharman dan Kepala KTNA Provinsi Lampung Kaslan.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, dalam sambutan yang disampaikan Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Taufik Hidayat mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan tersebut. Sebab, kegiatan itu merupakan momentum yang tepat sebagai upaya membangun komitmen bersama mewujudkan visi dan misi, Masyarakat Lampung Berjaya dengan peran aktif seluruh KTNA dan lingkup pemangku kepetingan.

“Melalui PEDA KTNA XVI ini, kami berharap meningkatkan semangat dan motivasi pelaku utama maupun pelaku usaha untuk memberikan sumbangsih dan kemampuan terbaiknya dalam rangka mendukung suksesnya pembangunan pertanian secara luas,” ungkap Taufik.

Taufik berharap, kegiatan ini dapat diikuti dengan seksama oleh para peserta KTNA untuk menggali potensi yang seluas-luasnya, menambah pengetahuan, wawasan dan keterampilan, serta membangun jaringan dengan semua KTNA se-Provinsi Lampung. “Mari kita bersama-sama berkomitmen membangun Pertanian Keberlanjutan,” katanya.

Sementara, Plt Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto mengatakan, ditunjuknya Kabupaten Lampung Selatan sebagai tuan rumah penyelenggara PEDA KTNA XVI tingkat Provinsi Lampung, merupakan sebuah penghargaan.

“Melalui momentum ini akan menjadi motivasi dan pendorong kemajuan dan kesejahteraan masyarakat petani dan nelayan dalam upaya meningkatkan kemandirian dan kewirausahaan tani dan nelayan di Kabupaten Lampung Selatan khususnya dan di Provinsi Lampung pada umumnya,” ungkap Nanang.

Menurutnya, keberadaan KTNA Kabupaten Lampung Selatan selama ini telah banyak memberikan kontribusi dan peranan dalam penyelenggaraan penyuluhan pertanian dan pembanguan pertanian, perikanan dan kehutanan, serta beberapa kali menjadi objek study banding bagi KTNA dari beberapa daerah lain di luar Kabupaten Lampung Selatan.

“Kepengurusan KTNA Kabupaten Lampung Selatan selama ini telah  dapat melakukan  inovasi untuk meningkatkan aktivitas pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan dalam upaya menerapkan hasil inovasi teknologi pertanian, pemanfaatan jejaring informasi, pemasaran dan intensif berkomunikasi dengan penyuluh dan Kepala UPT lingkup pertanian, perikanan dan kehutanan,” katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun, Pemerintah Provinsi Lampung juga memberikan bantuan program/kegiatan dilingkup pertanian dan perikanan untuk 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung sebesar Rp.84.035.913.000. (yud/wdi)




  • Bagikan