Ikut Ujian Paket B, Andika Eks Kangen Band: Pendidikan Tak Kenal Usia

  • Bagikan
Andika Eks Kangen Band saat diwawancara usai mengikuti Ujian Paket B setara SMP di PKBM Mutiara Sukabumi, Bandarlampung, Sabtu (11/5). Foto Ruri/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id – Cukup 20 menit waktu yang dibutukan Andika eks Kangen Band untuk menyelesaikan pelajaran kedua Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Paket B, setara SMP pada mata pelajaran PKN di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mutiara Sukabumi, Sabtu (11/5). Andika langsung terbang dari Jakarta hanya untuk mengikuti ujian kesetaraan tersebut.

Mahesa Andika Setiawan, begitu nama lengkapnya saat ditemui di lokasi ujian mengatakan bahwa dirinya termotivasi untuk mengikuti paket B karena baginya pendidikan tidak mengenal waktu dan umur.


“Banyak kaum millenial yang ada kasus, lalu tidak sekolah, malu. Saya mau tekanin, belajar itu tidak butuh umur berapapun sebenarnya. Selagi kita mau belajar, kita mau pintar, pendidikan gak kenal waktu. Saya mau tunjukin disini, saya yang lebih tua saja mau buat nerusin, apalagi mereka yang lebih muda,” ujar Andika.

Dia mengaki sangat bersyukur masih ada kepedulian dari gurunya di PKBM tersebut yang terus memberikan support dan dukungan agar terus melanjutkan pendidikan.

“Salah satunya yang memberikan dukungan, kepala sekolah, guru. Ayo dik, lanjutin pendidikan, udah kayak anaknya dicerewetin. Nah, disitu saya berfikir, ya Allah, masih ada yang peduli sama saya, teman-teman saya saja gak peduli kalau saya tidak sekolah,” ucapnya.

“Disitulah saya menghargai guru saya sebagai panutan, kebanggaan saya hingga saya sampai titik ini. Ketika seseorang memberikan dukungan, masa kitanya lemah, kita harus tunjukkin punya tanggung jawab dulu,” tandas Andika.

Baca Juga:   Jelang Nataru, Pos Penyekatan Kembali Diaktifkan




Baca Selengkapnya...





  • Bagikan