Imbau Pemotongan Hewan Kurban di RPH

  • Bagikan
Petugas dari Bidang Peternakan Dinas Pertanian Pringsewu Femi melakukan pemeriksaan hewan kurban yang disembelih warga. FOTO AGUS SUWIGNYO/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Selain salat Idul Adha di rumah, warga juga diiimbau untuk melakukan pemotongan hewan kurban di rumah pemotongan hewan (RPH).

Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Kabupaten Pringsewu Nang Abidin Hasan mengatakan, imbauan tersebut tertuang dalam surat edaran Bupati Nomor 09/2021.

Terkait keterbatasan RPH, pemotongan hewan kurban dapat dilaksanakan di tempat lain. Namun tetap dengan protokol kesehatan yang ketat. Yakni penerapan jaga jarak fisik (physical distancing).

“Meliputi pemotongan hewan kurban dilakukan di area yang memungkinkan penerapan jaga jarak fisik (physical distancing). Kemudian penyelenggara mengatur kepadatan di lokasi,” kata Nang Abidin Hasan.

Penyembelihannya dihadiri oleh panitia dan pihak yang berkurban. Pengaturan jarak dilakukan pada saat melakukan pemotongan, pengulitan, pencacahan dan pengemasan daging.

Baca Juga:   Warga Adiluwih Tewas Tergantung di Tiang Bambu

“Pendistribusian daging hewan kurban dilakukan oleh panitia ke rumah mustahik,” tegasnya.




  • Bagikan