Impor Lampung Turun 13,66 Persen

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Nilai impor provinsi Lampung bulan Desember 2017 mengalami penurunan sebesar 13,66 persen dibandingkan November 2017.
Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) provinsi Lampung, impor Lampung tercatat US$ 229,20 juta di bulan Desember. sedangkan di bulan sebelumnya US$265,47 juta.

Kepala BPS Lampung Yeane Irmaningrum mengatakan, penurunan tersebut disumbang dari jumlah barang impor utama. Seperti ampas atau sisa industri makanan turun 41,43 persen, gula dan kembang gula turun 36,74 persen, dan binatang hidup turun 0,46 persen.

“Penururnan disumbang dari gula dan hewan. Penurunan Impor gula dan kembang gula untuk industri cukup baik dimungkinkan karena harga lebih turun atau volume komoditas itu turun. Kemudian untuk hewan, didukung dengan tingkat konsumtif masyarakat yang menurun. Sebab di bulan Desember tidak ada perayaan hari besar yang mendukung impor hewan, contohnya sapi dari Australia,” ujarnya, Senin (15/1).

Baca Juga:   Telkomsel dan Gojek Lanjutkan Kolaborasi Layanan Unggulan

Menanggapi hal itu, pengamat ekonomi dari Universitas Lampung, Asrian Hendi Caya mengatakan, secara umum memang impor menjadi beban ekonomi terlebih jika produk konsumsi. Namun, jika bahan baku sebagai produk yang perlu diproses kembali akan dinilai membantu ekonomi.

“Dan harapannya yang meningkat itu impor untuk bahan baku,” ujarnya.

Ia melanjutkan, impor ini tidak bisa diprediksi perbulan. Sebab kebutuhan impor tidak rutin, jadi untuk siklus di awal tahun 2018 perlu dilihat analisa produksi secara tahunan.

Menurutnya, penurunan impor hewan di Lampung yang digadang-gadang sebagai sumber lumbung daging nasional, menandakan mampu mencukupi kebutuhan psokan lokal. Meskipun dapat menyebabkan kenaikan harga.

“Memang pada momen tertentu ada peningkatan daging, dan itu normal. Namun dengan adanya impor paling tidak berfungsi menekan harga kalau tidak impor harga bisa naik, terlebih jika permintaan barang banyak dan stok sedikit,” tandasnya. (ing/gus)




  • Bagikan