Indahnya Pesona Goa Pandan Lamtim

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Kabupaten Lampung Timur memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain Taman Nasional Way Kambas, Kabupaten Lamtim juga memilikipotensi wisata alam berupa Gua yang berlokasi di Dusun IV Gunung Duren Desa Girimulyo Kecamatan Margasekampung.

Guna mempromosikan destinasi wisata alam tersebut, rencananya pada 9 Juli 2018 mendatang, akan digelar Festival Goa Pandan sekaligus peringatan Hari Ulang Tahun ke 32 Desa Girimulyo

 

Destinasi wisata yang belum banyak dikenal masyarakat luas tersebut masih alami sehingga dapat  menjadi alternatif bagi wisatawan. Khususnya yang hobi dengan petualangan alam untuk menikmati keindahan ciptaan Tuhan. Sebab, di lokasi tersebut terdapat 7 buah gua yang letaknya saling berdekatan. Masing-masing Gua Pandan, Gua Rawa, Gua Sumur, Gua Kelelawar, Gua Gentong dan Gua Kubah.

 

Dari 7 gua tersebut, yang paling banyak dikunjungi adalah Gua Pandan. Selain lebih luas, di dalamnya  terdapat bebatuan andesis berbagai ukuran dan ada yang mirip bangku. Lokasi tersebut juga sangat indah bagi pengunjung yang suka berswa foto.

 

Kepala Desa Girimulyo Asmawi menjelaskan, ke 7 gua tersebut kali pertama ditemukan masyarakat tahun 1980 lalu. Saat ditemukan, deretan gua yang ada di lokasi tersebut tertutup semak belukar. Semula, keberadaan gua di desanya hanya dianggap biasa saja bagi masyarakat. Sebab, loaksi Dusun IV Gunung Duren memang merupakan daerah perbukitan dengan tekstur tanah didominasi bebatuan.

 

Namun lanjutnya, akhir-akhir ini keberadaan gua di desanya menjadi daya tarik pengunjung. Itu setelah, keberadaannya ersebar melalui media sosial oleh sejemlah komunitas yang mengunjunginya. (wid/gus)




  • Bagikan