Indeks KUB Lambar Melebihi Provinsi dan Nasional

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Lampung Barat dinyatakan sebagai daerah yang mampu menjaga kerukunan di tengah maraknya isu hoax bermotif suku, agama, ras dan antar golongan (SARA). Ini menempatkan kabupaten tersebut meraih nilai 78 dengan katagori tinggi.

Hal tersebut berdasar survei Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) yang diselengarakan Kementerian Agama (Kemenag).

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setkab Lambar Syafaruddin mengatakan, hasil survei menunjukkan bahwa dari empat variabel, yakni hubungan sosial, hubungan keagamaan, nilai dan lokus sosial serta peran pemerintah, terdapat satu variabel bernilai sangat tinggi. Yaitu nilai dan lokus sosial. Sedangkan tiga variabel lainnya bernilai tinggi.

Secara keseluruhan, hasil survei indeks KUB Lambar bernilai 3,12 dan setelah dikonversi menjadi 78. Masuk katagori berindeks tinggi.

Baca Juga:   Pemkab Lambar Gelar Halal Bihalal Secara Virtual

”Dari total 33 sub variabel, 11 bernilai sangat tinggi, 21 bernilai tinggi dan satu sub variabel bernilai rendah. Indeks KUB Lambar dengan nilai 78 berada lebih tinggi dari rata-rata KUB nasional sebesar 73,8 dan indeks KUB Provinsi Lampung sebesar 73,1,” urainya.

Secara substansi, hasil indeks KUB Lambar meggambarkan telah terbinanya kerukunan antar umat beragama yang baik.

Hal ini selaras dengan misi kelima Pemkab Lambar dalam mengembangkan kehidupan masyarakat yang agamis, berbudaya, demokratis, kesetaraan gender dan partisipatif. (nop/ais)

 



  • Bagikan