Indikator Derajat Kesehatan Lamtim Meningkat

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Derajat kesehatan merupakan cerminan kesehatan perorangan, kelompok maupun masyarakat yang digambarkan dengan angka harapan hidup (AHH), mortalitas, morbiditas dan status gizi.  Dari indikator tersebut, derajat kesehatan masyarakat Lamtim telah mengalami peningkatan.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Dinas Kesehatan Lampung Timur Syamsurijal menjelaskan, pada 2017, AHH kabupaten itu 70,11. Meningkat 0,19 poin bila dibanding AHH tahun sebeumnya sebesar 69,92 tahun.


”Selanjutnya, untuk kasus kematian ibu juga mengalami penurunan. Berdasar laporan pada 2016 dan 2017, berjumlah 14 kasus. Sedang tahun ini turun menjadi delapan kasus,” kata Syamsurijal.

Dilanjutkan, kasus kematian bayi juga menurun, dari 82 kasus pada 2017, menjadi 38 kasus tahun ini. ”Penurunan kasus kematian ibu dan bayi di Lampung Timur tersebut tidak terlepas dari berbagai inovasi program yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan beserta tim puskesmas dan jaringannya,” urainya.

Syamsurijal menuturkan, Dinas Kesehatan Lampung Timur juga berhasil menurunkan kasus gizi buruk. Berdasarkan data pada 2016, terdapat 18 kasus gizi buruk. Tahun berikutnya, 14 kasus dan empat kasus pada 2018. (wid/ais)

 




  • Bagikan