Industri Hotel Harus Bekerja Sama untuk Bertahan

  • Bagikan
Dr. Dedy Hermawan. Foto ist

RADARLAMPUNG.CO.ID – Para pebisnis ataupun industri hotel harus bisa memahami kondisi darurat yang terjadi di semua sektor di pandemi Covid-19 ini. Sebab, semua sektor dari usaha kecil, menengah, maupun atas mengalami penurunan karena adanya Covid-19.

Pengamat Kebijakan Dedy Hermawan mengatakan, pemerintah sendiri mengalami dilema, antara mengutamakan kesehatan atau menjaga roda perekonomian. Karena itu, penerapan kebijakan pemerintah di lapangan seringkali mengalami kontradiksi atau kontroversi.

“Satu sisi melakukan pembatasan, di sisi lain ada kelonggaran. Maka pemerintah juga berusaha menyeimbangkan atau menjaga keseimbangan antara menjaga kesehatan juga ekonomi. Tentu juga sekarang skemanya aktivitas tetap diupayakan berjalan, tapi protokol kesehatan juga tetap dijaga,” ungkapnya.

Baca Juga:   Rangkaian Pelantikan Pengurus Apindo Lampung Juga Diisi Baksos Donor Darah

Menurutnya, kalaupun pemerintah membuka keran untuk mobilisasi yang kemudian memberikan keuntungan dari sisi bisnis hotel, harus bisa bertanggungjawab dan berhati-hati.

“Dalam arti, bagaimana agar tetap produktif, dan upaya menjaga kesehatan masyarakat.
Hotel memang menjadi salah satu yang terdampak karena menurunnya pengunjung,” katanya.

Oleh karena itu, pebisnis harus bisa memahami situasi ini, serta bagaimana mengembangkan kreativitas agar bisnisnya tetap berdiri dan tidak ambruk. Di sisi lain, pemerintah berusaha menjaga iklim pertumbuhan ekonomi tetap terjaga tetapi keselamatan masyarakat juga tetap didahulukan.

“Bagaimana strategi dan teknisnya di lapangan, kawan-kawan pebisnis lebih piawai. Mereka biasa menganlisis kelemahan, kekuatan, hambatan, dan lainnya, dan berusaha survive atau juga bahkan mampu menemukan inovasi baru,” ucapnya.

Baca Juga:   Ingin Miliki Rumah KPR? REI: Tertibkan Transaksi Sebagai Bukti Bisnis Tetap Berjalan 

Ia menilai, pebisnis harus bekerja sama dengan pemerintah dan masyarakat untuk belajar bagaimana dunia perhotelan di berbagai negara bisa bertahan dan berkembang di tengah kondisi pandemi ini. Sebab, dampak adanya Covid-19 tidak hanya di Indonesia, bahkan di dunia, dan semua lini sektor industri juga terdampak.

“Beberapa negara bisa berhasil, kita juga harus bisa belajar. Itu yang harus sama-sama diperjuangkan semua sektor, sehingga Indonesia bisa berhasil mengatasinya,” tukasnya. (rur/sur)



  • Bagikan