Ingat, Kepala Pekon Punya Peran Sangat Penting!

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Kepala pekon di Pringsewu memiliki peran yang sangat menentukan kesejahteraan warga. Ini berbeda sebelum undang-undang desa lahir.

Saat itu, desa ditempatkan pada bagian paling akhir dari kebijakan pembangunan. Akibatnya hanya mendapatkan porsi sangat kecil dan harus mengurus dirinya sendiri


Pejabat Fungsional P2UPD Madya Ivan Kurniawan mengatakan, dinamika pekon mengalami perkembangan yang luar biasa. Terutama dalam hal percepatan  ekonomi. ”Undang-undang desa dan program dana desa mengharuskan kepala pekon memiliki kemampuan merancang bangun visi pembangunan pekonnya,” kata Ivan.

Kepala pekon, terus Ivan, harus memiliki konsep yang jelas untuk menciptakan kesejahteraan warga. Sayangnya masih ada sebagian kepala pekon yang menganggap masalah ekonomi dan pembangunan di pekon sudah ditangani sepenuhnya oleh BUMPekon.

Baca Juga:   Wabup Serahkan Sertifikat Tanah di Ngambur

”Seharusnya, rancang bangun program pembangunan pekon lahir dari seorang kepala pekon dan aparatur dalam struktur pemerintah pekon,” sebut dia.

Mantan Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon Pringsewu ini menuturkan, BUMPekon merupakan lembaga yang secara operasional menjalankan beragai rumusan konsep kebijakan ekonomi yang dilahirkan oleh lembaga pekon. (sag/ais)




  • Bagikan