“Ingat, Tidak Handal, Bakal Tergusur”

  • Bagikan
Penyerahan PKB oleh pimpinan Sungai Budi Group Agus Susanto, SH.,MH (batik merah) kepada ketua PD F SP PTMM SPSI Sudarminto, SE didampingi Ketua PUK SPRTMM SPSI Bumi Waras Bandarlampung Yani Obara Bst, di Hotel Sahid Bandarlampung, Minggu (24/3). FOTO APROHAN SAPUTRA/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Memacu sumber daya yang ada menghadapi era revolusi industri 4.0, Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan Minuman Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PUK SP RTMM SPSI) Bumi Waras – Sungai Budi Group menjalin kerja sama dan pelatihan bagi pengurus dan anggotanya.

Ketua PUK SP RTMM SPSI Bumi Waras Bandarlampung Yani Obara Bst. mengatakan, di era revolusi industri 4.0 pihaknya terpacu meningkatkan sumber daya yang ada, agar tidak tertinggal zaman.


“Di era revolusi industri 4.0 ini kalau kita tidak memiliki sumber daya yang mapan atau pun handal, kita akan tergusur. Salah satu contohnya di Lampung, tol sudah tidak pakai orang, cukup pakai kartu,” katanya di hadapan lebih kurang 80 peserta yang hadir di Hotel Sahid Bandarlampung, Minggu (24/3).

Baca Juga:   Jadi Salah Satu Rights Issue Terbesar di Dunia, Bukti Kepercayaan pada Indonesia

Dengan demikian, lanjutnya, pihaknya bertahap akan meningkatkan pelatihan bagi pengurus dan anggota agar memiliki kemampuan berorganisasi dan kemampuan bargaining position atau kemampuan berunding di hapan siapapun untuk berkomunikasi.

Selain itu, bagi pengurus aktif akan ditingkatkan melalui Training of Trainer (ToT) dalam melatih menjadi pemimpin (leaders) dan pelatih (trainers) dalam program Pengembangan Skenario untuk Rencana Kontinjensi (SD4CP).

“Kita sudah berkoordinasi dengan pengurus daerah (PD) F SP RTMM SPSI Lampung dan disampaikan ke pimpinan pusat di Jakarta untuk meningkatkan kemampuan pengurus,” terangnya.

Dirinya juga berpesan, pelatihan yang ada bukanlah semata-mata sebagai penyelesaian masalah. Melainkan sebagai proses menimba ilmu untuk memecahkan masalah yang ada. Agar menjadi pekerja yang benar dan baik. “Mencetak kemampuan pekerja dan menjaga ketenangan perusahaan” tegasnya.

Baca Juga:   Active Speaker CBOX-MAX09PA, Dengan Fitur Built–In Pre-Amplifier Tube dari Sharp

Adapun pelatihan tersebut diisi pemateri oleh Septi Indrayani, S.H. dari Depnaker Bandarlampung dengan materi perselisihan industrial; Agus Wiyono, S.H. selaku tenaga ahli K3 dengan materi Bipartit K3; dan Sudarminto, S.E. selaku ketua PD F SP PTMM SPSI Lampung.

Dalam kesempatan itu dilakukan perjanjian kerja bersama (PKB) antara CV Bumi Waras dengan Sungai Budi Group Lampung yang ditandai penyerahan PKB oleh pimpinan Sungai Budi Group Agus Susanto, S.H., M.H. kepada ketua PD F SP PTMM SPSI. (apr/sur)




  • Bagikan