Ingin Sajian Berbeda Saat Lebaran? Yuk Coba Menu-menu Berikut Ini 

  • Bagikan
Ilustrasi makan-makan saat Lebaran. (Shutterstock)

RADARLAMPUNG.CO.ID – Hidangan Hari Raya Idul Fitri identik dengan menu opor ayam, rendang, maupun sambal kentang ati ampela. Hidangan tersebut sudah menjadi tradisi di Indonesia, sehingga ketiga menu tersebut pasti akan ditemui di hari kemenangan umat Islam itu.

Namun, ketiga menu tersebut bisa dikreasikan, ataupun diganti dengan menu lain yang bahan dasarnya tidak jauh berbeda, sehingga pada Hari Raya Idul Fitri bisa menghidangkan makanan varian lain yang juga bisa dinikmati dengan ketupat ala lebaran.

Chef de Partie (CDP) Asoka Luxury TB Yudha Prawira mengatakan, kalau untuk makanan berat seperti rendang, dan opor, menu sudah umum, dan pasti disajikan saat lebaran. Namun, menu tersebut bisa diganti hidangan lain tanpa mengganti bahan dasarnya, misalkan daging sapi bisa dibuat malbi, dan opor ayam bisa diganti ayam kalio atau ayam gulai.

“Kuahnya bisa jadi kuah ketupat, jadi ketupat tetap ada temannya. Kalau sambal kentang bisa dibuat ke variasi lain, seperti kentang mustofa,” katanya.

Dikatakannya, daging malbi merupakan makanan khas Palembang yang juga bisa disajikan saat lebaran jika ingin mencoba varian menu selain rendang. Begitu juga ayam kalio yang merupakan menu khas Padang. Di mana, ayam dimasak menggunakan bumbu rendang, tetapi tidak dimasak hingga kering.

“Sehingga masih bertekstur kental dan sedikit berkuah. Itu pun bisa dijadikan kuah ketupat selain opor ayam,” imbuhnya.

Selain itu, menu lebaran juga bisa ke arah Timur Tengah seperti yang dikatakan Sous Chef Radisson Lampung Kedaton Aulia Syarif. Menurutnya, di Indonesia hidangan lebaran berupa opor ayam, dan rendang merupakan menu tradisi di Indonesia yang memang selalu tersedia saat lebaran. Masyarakat juga bisa menambahkan dessert atau makanan penutup ala Timur Tengah seperti Umm Ali yang bercita rasa manis.

“Bisa ke arah sweet atau manis. Jadi meskipun menu tetap opor dan rendang, tapi ada tambahan dessert. Itu bisa menjadi salah satu variasi menu,” ucapnya. (rur/sur)



  • Bagikan