Ini Harapan Kepala MKKS SMA Lampung Untuk Siswa Saat USBK

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID-Pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) dimulai sejak Senin (15/3) hingga 23 Maret mendatang. Dalam pelaksanaan yang berlangsung baik daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan) ini diharapkan siswa dapat menerapkan kejujuran dan objektivitas.

Hal ini disampaikan Kepala SMAN 9 Bandarlampung yang juga Kepala MKKS SMA Provinsi Lampung, Suharto. “Pelaksanaan nya secara daring, anak-anak mengerjakan dari rumah, dengan pengawasan dari rumah dengan diawasi langsung orang tua. Dan kami memberikan penekanan bahwa dalam ujian ini dibutuhkan kejujuran dan integritas,” jelas Suharto.


Dia melanjutkan, pengerjaan USBK ini menggunakan aplikasi dan nantinya akan langsung terlihat hasilnya. “Untuk penilaian kami bisa lihat dari respon mereka. Karena sudah kita biasakan berlaku jujur dan objektif. Karena Kompetensi mereka dengan diri mereka sendiri, kan US merupakan bagian penilaian kemampuan. Karena jika tidak berlaku objektif dan jujur dalam proses itu dampaknya kan ke mereka sendiri, kami sudah membekalinya dari awal,” tambahnya.

Baca Juga:   Buku 75 Tahun PGRI Mengabdi Negeri Dibedah

Sekretaris dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Tomy Efra Handarta mengatakan pelaksanaan USBK telah sesuai dengan SE Mendikbud nomr 1 tahun 2021. Ujian sekolah dimaksud antara lain evaluasi nilai rapor, ujian tertulis, serta penugasan.

“Ini sebagai data nilai lainnya pengganti UN nantinya, untuk selanjutnya penilaian akan bergantung pada nilai lapor,” jelasnya.

Kemudian, penilaian siswa juga akan dilakukan berdasarkan sikap peserta didik dan keikutsertaan dalam pembelajaran online. Berbeda lagi untuk SMK, nantinya penilaian akan ditambahkan dengan ujian kompetensi sesuai jurusan.

Sementara USBK secara luring digelar di SMAN 2 Bandarlampung. Sebanyak 443 siswa yang mengikuti ujian sekolah diantaranya 29 secara luring atau tatap muka yang dilakukan dengan prokes yang ketat dan duduk juga berjarak, sisanya 414 peserta US lainnya secara daring yang tersambung dengan sistem online sekolah. (rma/wdi)




  • Bagikan