Ini Kriteria KPM Penerima BLT Dana Desa

  • Bagikan
Ilustrasi/foto sumber cermati.com

RADARLAMPUNG.CO.ID – Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tetap berlanjut tahun ini. Nilainya sama dengan 2021 lalu. Sebesar Rp300 ribu per bulan untuk setiap keluarga penerima manfaat (KPM).

Hal itu mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 104/2021 tentang Rincian APBN Tahun Anggaran 2022 dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.190/PMK.07/2021 tentang Pengelolaan Dana Desa.

Koordinator Tenaga Pendamping Profesional Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TPP-P3MD) Pesisir Barat M.Rido Dinata mengatakan, dengan telah terbitnya PMK terbaru, maka pemerintah pekon harus segera melakukan pendataan dan penetapan kembali calon KPM penerima BLT-DD.

Baca Juga:   BRI Respon Isu Dana Bansos Rp2,7 T Tertahan di Himbara

“Pendamping di kecamatan dan pekon juga sudah mulai menyosialisasikan kepada peratin untuk melakukan pendataan ulang calon KPM-BLT tahun 2022,” kata M. Rido.

Selain itu, dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar rapat koordinasi bersama PD dan PLD. Sebab penetapan KPM maupun terkait BLT-DD harus benar-benar dipahami sesuai dengan regulasi yang ada.

Baca Juga:   BRI Respon Isu Dana Bansos Rp2,7 T Tertahan di Himbara

M. Rido mengungkapkan, beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk KPM BLT-DD tahun 2022 berdasarkan PMK terbaru adalah, keluarga miskin atau tidak mampu yang berdomisili di desa bersangkutan.






  • Bagikan