Ini Loh, Rincian Gaji ke-13 yang Akan Diterima

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Provinsi Lampung Minhairin melalui Kabid Anggaran, Marindo Kurniawan mengatakan, mulai hari ini pihaknya sudah mentransfer gaji ke-13 ke rekening masing-masing rekening PNS Pemprov Lampung.

“Hal ini merujuk kepada Peraturan Menteri Keuangan (PMK)  NOMOR 52/PMK.05/ 2018 tentang petunjuk teknis pelaksanaan pemberian gaji 13 kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI, Pejabat Negara, Penerima Pensiun dan Penerima Tunjangan,” ungkapnya kepada radarlampung.co.id, Jumat (6/7).

Dijelaskan, dalam Pasal 3 ayat (1) menyatakan bahwa  Gaji, pensiun, atau tunjangan ketiga belas (Ke-13) bagi PNS, Prajurit TNI,  Anggota POLRI,  Pejabat Negara, dan Penerima  Pensiun  atau  Tunjangan  diberikan sebesar penghasilan pada bulan Juni.

Sementara Pasal 3 ayat (2) menyatakan bahwa dalam hal penghasilan pada bulan Juni sebagaimana dimaksud pada ayat (1) belum dibayarkan  sebesar penghasilan  yang  seharusnya  diterima  karena berubahnya penghasilan,  kepada yang bersangkutan tetap diberikan selisih kekurangan penghasilan ketiga belas.

Baca Juga:   Bandel, Tempat Usaha Ini Disegel 7 Hari

Pasal 3 ayat (3) dinyatakan bahwa Penghasilan diberikan bagi:

a.  PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI, dan Pejabat Negara meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan  jabatan  atau tunjangan  umum, dan tunjangan kinerja;

Dipaparkan dia, pagu anggaran yang disediakan untuk THR ini adalah sebesar Rp92,5 miliar. Yang terndiri dari tunjangan umum+Gaji pokok sebesar Rp78 miliar ditambah Tambahan penghasilan atau Tukin sebesar Rp14,5 miliar.

“Strukturnya sama hanya ditambah tambahan penghasilan atau tukin saja,” kata dia.

Dipaparkan dia, untuk tunjangan umum besaranya sama dengan gaji pokok PNS tersebut. Sementara untuk tunjangan jabatan, merujuk kepada Perpres 26 tahun 2017 tentang Tunjangan Jabatan Struktural, untuk Eselon II a Rp3.250.000; Eselon II b Rp2.025.000;  Eselon III  Rp1.260.000; Eselon III b Rp980.000.
Sementara, untuk Tunjangan Kinerja atau tambahan penghasilan, berdasarkan Pergub 8 Tahun 2017 untuk Eselon II maksimal Rp20 juta, dan terendah untuk golongan I  a fungsional sebesar Rp500 ribu.

Baca Juga:   Jelang HAN 2021, KPA Bandarlampung Minta Isi Kepedulian Terhadap Anak dan Sesama

Untuk tunjangan Keluarga, merujuk kepada UU no 22 tahun 2013 dan PP no 34 tahun 2014, yang termasuk tunjangan keluarga, ada dua yakni untuk tunjangan suami/istri dan tunjangan anak. (abd/gus)




  • Bagikan