Ini Penyebab Banjir di Ambarawa


RADARLAMPUNG.CO.ID – Intensitas hujan yang tinggi, ditambah drainase tidak memadai menjadi pemicu banjir pada sejumlah titik di Kecamatan Ambarawa, Pringsewu.

Seperti di jalan utama Ambarawa Barat, tepatnya kompleks Masjid Raudlatul Jannah. Air yang berasal dari Pekon Sumberagung dan kompleks pemukiman di sekitar lapangan bola serta tempat pemakaman umum mengalir ke saluran arah Selatan, menyeberang jalan utama Ambarawa.





“Gorong-gorong yang melintas di jalan utama kecil, sehingga menghambat aliran air,” kata Kepala Pelaksana BPBD Pringsewu Edi S. Pamungkas melalui Fungsional Analis Kebencanaan Ahli Muda Agus Purnomo.

Kemudian banjir di Dusun Bulurejo, Pekon Margodadi. Air dari wilayah ini mengalir ke arah Dusun Bulurejo. Tanpa dukungan drainase yang memadai.

Baca Juga:   SERTIJAB KASATLANTAS

Sementara, drainase pembagi yang mengarah ke saluran premier di pesawahan tersumbat dan tidak berfungsi.

Kemudian, genangan di jalan utama Kresnomulyo Pujodadi, disebabkan air dari Pekon Sumberagung seluruhnya mengalir ke Pekon Kresnomulyo.

Drainase yang ada juga sangat kecil. Ini diperparah dengan banyaknya jembatan yang ada di atas drainase. Di perempatan Tugu juga tidak ada gorong-gorong yang langsung ke arah Selatan.

“Ini berdasar pengumpulan data dan pengamatan BPBD Pringsewu di lapangan,” urainya. (sag/ais)