Ini Penyebab Guru SMPN 1 Pekalongan Lakukan Kekerasan Terhadap Siswa

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Video kekerasan terhadap siswa dipastikan terjadi di SMPN 1 Pekalongan, Lampung Timur. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat akan memanggil kepala sekolah dan guru yang bersangkutan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Timur Yuliansyah Kami melalui Kepala Bidang Ketenagaan dan Pembinaan Gunadi menjelaskan, dari hasil klarifikasi, video kekerasan itu memang terjadi di SMPN Pekalongan. “Kami telah melakukan klarifikasi dan pihak sekolah membenarkan kejadian itu,” kata Gunadi, Sabtu (28/9).

Dilanjutkan, dari hasil klarifikasi pihak sekolah, peristiwa itu terjadi Kamis (26/9). Bermula ketika jam pelajaran PKN, ada sejumlah siswa yang keluar masuk kelas tanpa izin. Guru yang mengajar mata pelajaran tersebut, telah berulang kali mengingatkan agar siswa tertib.

Baca Juga:   Polresta Pantau Ketersediaan Obat-obatan dan Multivitamin Penderita Covid-19

Namun, para siswa tetap membandel, sehingga terjadi kekerasan dan direkam hingga viral di media sosial. ”Kami dari Disdikbud prihatin atas kejadian itu. Semestinya, sanksi terhadap siswa yang tidak disiplin tidak menggunakan tindak kekerasan,” tegasnya.

Terpisah, Kepala SMPN 1 Pekalongan Ida Aini juga membenarkan video yang viral di media sosial itu terjadi di sekolahnya. Ini terjadi sekitar pukul 11.30 WI, Kamis (@6/9).

Awalnya, ada pelajaran PKN di kelas VIII/1. Ketika guru sedang mengajar, sejumlah siswa masih berada di luar kelas. Kemudian, guru tersebut meminta agar siswa masuk. Ketika siswa yang di luar kelas sudah masuk, ganti siswa di dalam keluar tanpa izin.




  • Bagikan