Mesuji  

Ini Perkembangan 13 KWT di Mesuji


RADARLAMPUNG.CO.ID – Dalam program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) 2022, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mesuji mencatat ada 6 Kelompok Wanita Tani (KWT) dalam tahap awal atau penanaman dan 7 KWT dalam tahap pengembangan.

Hal tersebut dikatakan oleh Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mesuji Hendra Cipta, Senin (28/3).





“Dalam pembinaannya Pemkab Mesuji melalui Dinas Ketahanan Pangan menyalurkan bantuan kepada KWT,” ujarnya, mewakili Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mesuji Gunarso.

Selanjutnya, kata dia, dalam pembinaan KWT sendiri dibagi dalam tiga tahap. Yakni tahap penanaman, tahap pengembangan dan tahap kemandirian.

Targetnya, diantaranya para KWT menanam di pekarangan atau lahan yang telah disediakan. Sedangkan pengembangan sendiri terkait masalah perawatan saja.

“Kalau lahannya tidak bertambah, maka ada kewajiban untuk menambah varietas tanaman yang ditanam begitu pula sebaliknya,” ungkapnya.

“Sedangkan yang terakhir adalah kemandirian. Di situ adalah tahap akhir yang dimana dari KWT sendiri bisa memanajemen hasil kebunnya sendiri tanpa terlibatnya dinas. Meskipun sesekali dinas terkait melakukan pemantauan,” pungkasnya. (muk/yud)