Ini Pesan Bupati Mesuji di Hari Santri

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Kabupaten Mesuji, dipusatkan di Lapangan Nusa indah Desa Brabasan Kecamatan Tanjung Raya, Kamis (22/10).

Upacara diikuti para santri, yang datang dari berbagai Daerah di Kabupaten berjuluk Bumi Ragab Begawe itu.

Bupati Mesuji Saply TH bersyukur kalangan santri memiliki hari yang teramat istimewa. Dimana tanggal 22 Oktober telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo menjadi Hari Santri melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri.

“Selain penetapan Hari Santri, Santri dan pesantren juga telah memiliki Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren. Undang-undang ini memberikan afirmasi, rekognisi, dan fasilitasi terhadap pesantren dalam melaksanakan fungsi pendidikan, fungsi dakwah, dan fungsi pemberdayaan masyarakat,” ungkap Saply.

Baca Juga:   Formasi CPNS Ini Kosong Peminat

Saply menambahkan, beberapa pesantren yang berhasil melakukan upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan dampak pandemi Covid-19 menjadi bukti nyata bahwa pesantren juga memiliki kemampuan di tengah berbagai keterbatasan fasilitas yang dimilikinya.

“Modal utamanya adalah tradisi kedisiplinan yang selama ini diajarkan kepada para santri, keteladanan dan sikap kehati-hatian kiyai dan pimpinan pesantren. Karena mereka tetap akan mengutamakan keselamatan santrinya dibanding lainnya. Kita semua berikhtiar agar pandemi segera berlalu. Keluarga besar pesantren, santri, masyarakat dan warga dunia bisa melewati pandemi ini dengan baik. (muk/yud)




  • Bagikan