Ini Rentetan Fakta Menarik dalam Pertemuan Prancis vs Kroasia

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Partai puncak Piala Dunia 2018 akhirnya mempertemukan Prancis dan Kroasia. Namun, ada dua kondisi berbeda yang dihadapi kedua negara. Saat Prancis akan menatap final ketiga mereka di Piala Dunia, Kroasia justru tengah bereuforia dengan penampilan perdana mereka di partai puncak.

Meski demikian, bukan berarti Kroasia tak boleh bermimpi menjadi juara. Toh, Prancis pun sukses menjadi juara di penampilan perdana mereka pada final Piala Dunia 1998. Begitu pula dengan Spanyol yang menjadi juara saat pertama kali tampil di final Piala Dunia 2010.

Minggu (15/7) malam nanti, Stadion Luzhniki akan siap menjadi saksi. Apakah Prancis yang akan membawa pulang trofi Piala Dunia. Atau Kroasia yang akan mengikuti jejak Prancis dan Spanyol menjadi juara di penampilan perdana mereka di final Piala Dunia.

timnas kroasia
Mario Mandzukic menyambut gembira kepastian Kroasia tampil di final Piala Dunia untuk kali pertama. (Yuri Cortez / AFP)

Berikut fakta-fakta menarik yang terkait dengan pertemuan antara Prancis vs Kroasia:

1. Prancis belum terkalahkan dalam lima pertemuan terakhir dengan Kroasia. Tiga di antaranya berakhir dengan kemenangan bagi Les Bleus. Keduanya pun sudah dua kali bertemu di turnamen besar.

Baca Juga:   Hamdalah, Lampung Kembali Terima Vaksin Covid-19

2. Prancis menyingkirkan Kroasia setelah sempat tertinggal di semifinal Piala Dunia 1998. Pemain yang menjadi sorotan kala itu adalah Lilian Thuram yang memborong dua gol Prancis sekaligus ‘mendukung’ terciptanya gol Kroasia yang dicetak Davor Suker. Itu menjadi dua gol Thuram sepanjang 142 caps bersama Les Bleus.

3. Prancis dan Kroasia kembali bertemu di fase grup Piala Eropa 2004. Hasilnya kali ini imbang dengan skor 2-2.

4. Prancis menjadi tim ke-6 yang mampu meraih tiga atau lebih final Piala Dunia. Les Bleus mengikuti jejak Jerman (8), Brasil dan Italia (6), Argentina (5), dan Belanda (3).

5. Total, Prancis sudah pernah tampil dalam 5 final turnamen besar. Hasilnya, Prancis meraih 3 trofi juara dalam 5 kesempatan tersebut.

6. Tiga dari empat gol Prancis di final Piala Dunia berasal dari situasi set pieces. Dua berasal dari tendangan sudut dan satu gol lagi dari titik penalti.

7. Tiga dari lima pencetak gol Prancis di Piala Dunia 2018 adalah defender. Mereka antara lain Benjamin Pavard, Raphael Varane, dan Samuel Umtiti. Terakhir kali ada tiga defender yang mencetak gol di Piala Dunia terjadi pada 1998 saat mereka menjadi juara.

Baca Juga:   Pasar Bakauheni Terbakar, Ratusan Kios Hangus

8. Pelatih Prancis, Didier Deschamps tengah mengejar rekor yang pernah ditorehkan Mario Zagallo dan Franz Beckenbauer. Deschamps berpeluang menjadi orang ketiga yang mampu menjadi juara Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih.

9. Kroasia menjadi negara ke-13 yang bisa tampil di final Piala Dunia. Mereka berpeluang mengikuti sukses Prancis dan Spanyol yang menjadi juara di penampilan pertama mereka di final Piala Dunia. Prancis pada 1998 sementara Spanyol di 2010.

10. Kroasia selalu bermain hingga babak perpanjang waktu dalam tiga laga terakhir mereka di Piala Dunia 2018. Mereka berpeluang untuk mencatatkan sejarah baru sebagai tim yang harus melalui 4 babak perpanjangan waktu dalam satu gelaran Piala Dunia.

11. Kroasia pun tak pernah gagal mencetak gol dalam 10 laga Piala Dunia terakhir mereka. Laga melawan Jepang di Piala Dunia 2006 adalah laga terakhir Kroasia yang berakhir tanpa gol (0-0).

12. Kroasia telah mencetak 12 gol yang disumbangkan oleh 8 pemain berbeda di Piala Dunia 2018 (tidak termasuk gol bunuh diri). Di sisi lain, 4 dari 5 gol yang masuk ke gawang Kroasia berasal dari situasi set pieces. Dari mulai tendangan penalti, tendangan bebas langsung, tendangan bebas tak langsung, dan lemparan ke dalam. (jpc/ang)




  • Bagikan