Ini Respon Kadiskes Soal Hasil Pemeriksaan WGS Pasien Lampung oleh Litbangkes


Ini Respon Kadiskes Soal Hasil Pemeriksaan WGS Pasien Lampung oleh Litbangkes
Kadiskes Lampung Reihana. Foto Rimadani Eka Mareta/radarlampung.co.id

RADARLAMPUNG.CO.ID-Dinas Kesehatan Provinsi Lampung merespon soal antisipasi masuknya virus covid-19 varian omicron ke Provinsi Lampung. Dinkes Lampung memastikan jika hasil whole-genome sequencing (WGS) pasien konfirmasi Covid-19 di Provinsi Lampung terdeteksi varian Omicron, maka akan langsung diumumkan Kemenkes ke Dinas Kesehatan Lampung.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana usai ditanyakan ihwal sampel WGS yang dikirim ke Litbangkes belum lama ini. “Hasil WGS ASN yang dikirim ke Litbangkes belum keluar. Tapi biasanya kalau hasilnya negatif (varian Omicron) juga tidak dikasih info, yang di informasikan jika hasilnya positif,” ungkap Reihana yang ditemui di DPRD Provinsi Lampung, Senin (17/1).





Baca Juga:   Waspada! Ada Gelombang Tinggi di Lampung

Dia mengatakan belum dapat memastikan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengetahui kapan hasil WGS akan keluar. Yang jelas jika hasil positif varian baru, maka akan disampaikan langsung.

Selanjutnya, untuk upaya pencegahan kasus Omicron di Lampung, Reihana mengatakan sebagai pemerintah pihaknya akan tetap menjalankan 3 T dan 1 I, yaitu testing, tracing, treatment dan isolasi. “Ya kalau ada yang positif langsung isolasi dan sekarang semua yang positif pada saat ini harus di isoalasi di rumah sakit. Dari kemarin yang positif kita isolasi di rumah sakit Abdul Moeloek (RSUDAM),” ungkap Reihana.

Menurutnya untuk kesiapan lainnya sudah dilakukan. Seperti persiapan tempat tidur, oksigen, yang sudah dipersiapkan untuk mengantisipasi jika nantinya ada kenaikan kasus konfirmasi Covid-19. (rma/wdi)

Baca Juga:   Lampung Waspada Penyakit Mulut dan Kuku