Ini Syarat Re-aktivasi Kartu JKN KIS

  • Bagikan
FOTO PROMKES.KEMKES.GO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Warga bisa melakukan reaktivasi atau pengaktifan kembali kepesertaan Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS).

Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Lampung Barat Ferri Istanto mengungkapkan, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Sosial Nomor 92/HUK/2021 tentang Penetapan PBI Jaminan Kesehatan Tahun 2021, sebanyak 30.984 JKN KIS warga Lampung Barat telah dinonaktifkan.


“Tetapi berdasarkan surat dari BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial), kartu bisa kembali diaktifkan,” kata Ferri mewakili Kepala Dissos Lambar Jaimin.

Proses re-aktivasi peserta PBI JK dengan syarat memiliki riwayat penyakit kronis atau layak membutuhkan layanan kesehatan berdasar surat keterangan Dinas Sosial dan pemutakhiran data kependudukan.

Baca Juga:   HKN Ke-57, Lambar Deklarasi Kabupaten ODF

“Syarat re-aktivasi atau pengaktifan kepesertaan harus melampirkan surat keterangan dari puskesmas atau rumah sakit,” urainya.

Untuk peserta yang tidak memenuhi kriteria tersebut, harus menungga verifikasi dan validasi. Hasilnya akan dilaporkan ke pemerintah pusat.





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan