Ini Tips 5 Makanan Menghindari Loyo saat Puasa

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Bagi orang yang memiliki segudang aktivitas, berpuasa selama bulan Ramadan bisa menjadi sulit, terutama selama musim panas. Banyak hal-hal yang dirasakan, seperti dehidrasi berlebihan hingga stamina menurun drastis akibat mobilitas tinggi.

Namun ternyata, terdapat kesalahan-kesalahan umum yang sering dilakukan selama puasa yang mengakibatkan tubuh menjadi loyo dan tak bertenaga. Seperti kurangnya konsumsi air putih dan terlalu banyak gula. Untuk memiliki badan tetap bugar selama puasa, ada baiknya perhatikan konsumsi makanan selama puasa. Seperti dilansir dari Emirates woman, Selasa (22/5), ada lima langkah mencegah badan loyo selama Ramadan.

1. Jangan Lewatkan Makan Sahur

Penting untuk makan disaat waktu sahur. Makan karbohidrat saat bangun tidur akan memberi Anda energi sepanjang hari. Jika tidak memiliki selera makan besar di waktu sahur, bisa diganti dengan segelas susu, beberapa kacang protein, dan kurma.

2. Konsumsi Banyak Protein dan Jus Buah

Baca Juga:   Kabar Baik, Pemprov Lampung Realisasikan Dana Bagi Hasil dan Insentif Nakes

Di waktu buka puasa sangat penting untuk mengonsumsi makanan protein dan vitamin. Alih-alih makan karbohidrat yang justru membuat ngantuk, pada saat buka usahakan awali dengan jus buah seperti alpukat atau sup buah. Setelah selang dua jam kemudian baru konsumsi karbohidrat dan protein.

3. Konsumsi Vitamin B Kompleks

Sangat penting untuk meminum vitamin B waktu sahur. Vitamin B kompleks seperti neurobion telah menunjukkan hasil efektif terutama menjaga tingkat energi selama periode puasa.

4. Hindari Gula, Asam Dan Pedas

Puasa dapat meningkatkan asam lambung, serta menyebabkan perasaan berat di perut. Pengalaman ini bisa dihindari dengan mengonsumsi makanan kaya serat, seperti buah segar. Penting juga untuk menghindari makanan yang digoreng, makanan yang sangat pedas, asin, dan yang mengandung banyak gula.

Gula dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan, nyeri ulu hati, dan masalah berat badan.

Baca Juga:   PPKM Level 4 Resmi Berlanjut Hingga 2 Agustus

Terlalu banyak makanan asin membuat tubuh menahan air dan menyebabkan kembung, sementara makanan pedas juga menyebabkan rasa haus. Permen dan makanan manis mudah terbakar dan hanya akan bertahan selama tiga hingga empat jam. Kemudian akan berubah menjadi lemak, meningkatkan kadar kolesterol yang membuat Anda bertambah gemuk.

5. Perbanyak Minum Air Putih di Waktu Sahur dan Buka

Minuman dengan kandungan kafein tinggi (kopi, teh, coklat, soda dan bahkan teh tanpa kafein dan kopi) harus dihindari. Kafein meresap kalsium dari sistem tubuh, yang membuat Anda merasa kurang kenyang sepanjang waktu. Hindari minum teh saat sahur, karena teh meningkatkan ekskresi garam dalam urin, yang diperlukan untuk tubuh selama berpuasa. Minuman yang ideal adalah air putih, atau jika merasa lebih dehidrasi daripada biasanya, coba tambahkan sepotong jeruk nipis, stroberi atau bahkan mint ke segelas air putih. (jpc/ang)




  • Bagikan