Ini Tugas Pemkab Pesawaran dari Pemprov Lampung

  • Bagikan
Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Ekobang Theresia Sormin memukul gong dalam pembukaan musrenbang RKPD Pesawaran, Selasa (26/3). FOTO FAHRURROZI/RADARLAMPUNG.CO.ID
Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Ekobang Theresia Sormin memukul gong dalam pembukaan musrenbang RKPD Pesawaran, Selasa (26/3). FOTO FAHRURROZI/RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id – Pemerintah Provinsi Lampung telah menetapkan enam prioritas pembangunan tahun 2020. Yakni pembangunan SDM dengan pengarustamaan gender, meningkatkan nilai tambah produk unggulan untuk mengurangi kemiskinan  dan ketimpangan, reformasi birokasi; infrastruktur pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan kehidupan religius, aman berbudaya dan inovatif serta pembangunan berkelanjutan.

Terkait program-program prioritas tersebut, Pemprov Lampung dan pemerintah kabupaten memiliki tanggung jawab untuk mendukung suksesnya prioritas pembangunan nasional dan provinsi.


”Saya mengajak agar kita dapat mencermati permasalahan bersama kita ke depan, yakni menjaga momentum pertumbuhan ekonomi. Pesawaran ditargetkan pada 2020 mencapai 5,3 sampai 5,6 persen. IPM dibawah IPM nasional. Saya berharap Pesawaran dapat mengindentifikasi permasalahan untuk mendongkrak IPM secara signifikan,” kata Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Ekobang Theresia Sormin saat membacakan sambutan tertulis Gubernur M. Ridho Ficardo dalam Musrenbang RKPD Pesawaran di GSG setempat, Selasa (26/3).

Dilanjutkan, Pesawaran diharapkan dapat menurunkan angka kemiskinan pada 2020 mendatang menjadi 14,58 persen. Kemudian memperkuat kesempatan kerja hingga mampu menurunkan angka pengangguran terbuka menjadi 4,43; melakukan percepatan dan tahapan pembangunan Kawasan Industri Tegineneng, dan KEK Teluk Pandan.

”Kemudian menjadikan Pesawaran sebagai destinasi wisata guna mendukung Lampung Kaya Festival, memanfaatkan balai latihan kerja sabagai wahana menyiapkan calon tenaga kerja yang memasuki masa kerja,” urainya.

Theresia juga berpesan dalam penyusunan RKPD dapat memperhatikan kondisi sosial yang terjadi dan memformulasikan program yang tepat serta menangangkat SDM lokal.

Lebih jauh Theresia mengatakan, ada sembilan program dan kegiatan Pemprov Lampung yang  dilaksanakan di Pesawaran. Di antaranya peningkatan jalan lingkungan Gunungrejo, pembangunan kantor Samsat, pembangunan gedung hortikultura, pembangunan sarana dan prasarana rumah adat, pembangunan halte bus; pemeliharaan jalan dan pembangunan saluran drainase ruas Gedongtaaan, Gedongtataan-Kedondong, Kedondong-Pardasuka; Padangcermin-simpang Teluk kiluan. (ozi/ais)

 

 




  • Bagikan