Inilah Makna Hari Kelahiran Pancasila Bagi Sutono

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Setiap tanggal 1 Juni diperingati setiap tahun sebagai Hari Kelahiran Pancasila. Sebagai dasar negara Indonesia, Pancasila mempunyai makna bagi calon Wakil Gubernur (cawagub) Lampung nomor urut 2 Sutono.

Bagi Sutono, Pancasila tidak semata hanya dasar negara Indonesia. Menurutnya, Pancasila juga pedoman kehidupan bermasyarakat.

“Jika 5 sila Pancasila di amalkan dalam kehidupan masyarakat, maka kebhinekaan dalam masyarakat menjadi modal utama pembangunan Lampung,” kata sutono saat ditememui di Bandar Lampung, Jumat (1/6).

Cawagub Herman HN ini menambahkan, jika calon pemimpin Lampung mengedepankan pengamalan Pancasila, maka program-program yang ditawarkannya pasti pro rakyat.

“Sekolah dan berobat gratis itu merupakan bentuk pengamalan sila ke 5 Pancasila, memeratakan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Lampung dengan berkeadilan”, kata Sutono.

Baca Juga:   Wakabid PAN Lampung : Tidak Ada Seremoni Pelantikan Kepengurusan

Ia juga mengatakan, Pancasila merupakan perekat masyarakat yang majemuk seperti di Lampung. Menurutnya, kebhinekaan suku di Lampung adalah modal sumberdaya manusia dalam pembangunan.

“Dengan mengamalkan bhineka tunggal ika, perbedaan tidak menyebabkan perpecahan. Sebaliknya justru menjadi warna dalam pengelolaan pemerintahan di Lampung”, tegas Sutono.

Terpisah, Herman HN, mengatakan, Pancasila adalah ideologi negara yang menjadi dasar kemerdekaan Indonesia.

“Dengan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, Insya Allah, paham terorisme tidak akan tumbuh dan punya pengikut di Indonesia”, tegas Herman HN. (rlo/ynk)




  • Bagikan