Inilah Rencana Penanganan Infrastruktur Provinsi Lampung Tahun 2018

  • Bagikan
Pembangunan Jalan Padang Cermin – Kedondong (Kab. Pesawaran) Tahun 2017

Pembangunan Jalan-jalan Strategis

Selain jalan-jalan status provinsi, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) pada tahun 2018 ini juga melakukan pembangunan jalan-jalan yang dianggap strategis dan penting sebagai implementasi pelaksanaan arah pembangunan kewilayahan provinsi Lampung tahun 2015 – 2019.


Diantara arah pembangunan wilayah tersebut adalah pengembangan Tahura Wan Abdul Rahman (WAR) sebagai kawasan Lampung Science Parkdengan membangun IAO – ESSECS (Itera Astronomical Observatory, Earth, Space, and Science Education Center in Sumatra).

Untuk mendukung rencana ini, dimulai pada tahun 2017 Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Provinsi Lampung telah melaksanakan kegiatan perencanaan dan pembangunan jalan baru yang akan menjadi akses atau jalan masuk pada kawasan Taman Hutan Rakyat tersebut. Serta telah membuka aksesjalan baru di kawasan ini sehingga diharapkan menjadi titik awal bagi optimalisasi TAHURA WAR yang akan dikembangkan menjadi Center of Excellence di Provinsi Lampung.

Baca Juga:   Progress Vaksinasi di Lampung Capai 16,9 Persen

Pembukaan akses jalan menuju observatorium astronomical teropong bintang di lokasi Taman Hutan Rakyat (Tahura) Wan Abdul Rachman Provinsi Lampung. Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat  dibangunnya observatorium tersebut demi mengembangkan pendidikan di Bumi Ruwai Jurai. Jalan tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan infrastruktur penunjang Pariwisata dan Pendidikan.

Teropong bintang ini sangat erat kaitannya dengan pendidikan yang mencerdaskan bagi anak-anak di Bumi Lampung. Panjang jalan yang telah dibuka pada Tahun Anggaran 2017 kemarin sepanjang 12,250 Km dengan lebar badan jalan 9 meter yang rencananya 5 meter untuk perkerasan jalan dan masing-masing 2 meter untuk bahu jalan dan saluran drainase atau talud.

Direncanakan untuk tahun anggaran 2018 ini dilakukan perbaikan alignement, penghamparan Base B sebagai Lapisan Pondasi Bawah (LPB), beberapa gorong-gorong/ Box culvert,dinding penahan tanah dan saluran drainaseserta akan dibangun jembatan sebanyak 3 unit dengan  menggunakan jembatan type gelagar beton (GTI) kelas B.

Baca Juga:   Lampung Juara Umum Teknologi Tepat Guna Nasional, Mendes PDT Serahkan Penghargaan kepada Gubernur

Selain pembangunan Kawasan Tahura tersebut diatas, Dinas PUPR Prov Lampung melanjutkan pembangunan jalan akses dari Kabupaten Lampung Timur, Kota Metro menuju kawasan pemerintahan Kota Baru Lampung Selatan. Pembangunan jalan di kawasan ini dimaksudkan untuk mendukung beroperasinya Rumah Sakit Bandar Negara yang ada di Kota Baru. Selain itu juga untuk mendukung kemudahan akses Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) dan pengembangan kawasan Metropolitan Bandar Lampung serta Pemerintah Provinsi Lampung mendukung pembangunan Jalan di Lingkungan Kampus ITERA dengan mengalokasikan anggaran untuk membuka jalan lingkar luar di kampus ITERA.




  • Bagikan