Inovasi Sipentama, Dokumen dan Data Bersama

  • Bagikan

Radarlampung.co.id – Luasnya wilayah dan banyaknya kampung/kelurahan di Lampung Tengah menginsipirasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung dan Kelurahan membuat sebuah inovasi. Yakni Sistem Informasi Penyimpanan Data Bersama (Sipentama).

Kepala Dinas PMK Lamteng Fathul Arifin menyatakan, inovasi Sipentama sebenarnya sudah lama dibuat. “Sudah sejak Januari 2020. Tapi memang jarang terdengar,” katanya.


Sipentama, kata Fathul, dibuat karena banyaknya kampung dan luasnya wilayah kerja Dinas PMK. Kemudian jarak pun menjadi kendala pengumpulan data dan dokumen.

“Belum lagi pengaksesan data di 301 kampung dan 10 kelurahan cukup sulit karena data masih tersimpan di perangkat komputer maupun laptop secara offline,” ujarnya.

Dengan adanya Sipentama, kata Fathul, data mudah diakses. “Data mudah diakses karena online. Jadi data di Sipentama menjadi data bersama,” ungkapnya.

Simpentama, kata Fathul, menyimpan data dan dokumen kampung/kelurahan. Baik itu monografi, profil, data lembaga dan perangkat desa, data kependudukan, sera data tanah di desa. Juga dokumen RPJMDes dan RKP serta dokumen APBDes berikut pengelolaannya.

“Sipentama membuat pengelolaan dokumen/data menjadi lebih mudah, cepat, efektif dan efisien,” tegasnya. (sya/sur)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan