Intens Komunikasi dengan Pusat, Winarti Ungkap Perbaikan Jalan Nasional Rawajitu Selesai Tahun Depan

  • Bagikan
Bupati Tulangbawang Winarti meninjau pengerjaan jalan nasional menuju Rawajitu di areal PT BNIL beberapa saat lalu. Foto Dok. Diskominfo Tulangbawang
Bupati Tulangbawang Winarti meninjau pengerjaan jalan nasional menuju Rawajitu di areal PT BNIL beberapa saat lalu. Foto Dok. Diskominfo Tulangbawang

Radarlampung.co.id – Berbagai upaya dilakukan Bupati Tulangbawang (Tuba) Winarti agar pembangunan di Sai Bumi Nengah Nyappur terus bergeliat. Salah satunya yakni dengan intens melakukan komunikasi dengan pemerintah pusat, agar Tulangbawang mendapatkan perhatian.

Contohnya perbaikan jalan nasional menuju Kecamatan Rawajitu. Jalan nasional yang sudah puluhan tahun rusak tersebut, sejak tahun lalu mulai digarap untuk diperbaiki.


Bupati Tulangbawang Winarti menjelaskan, sejak awal dirinya menjabat sebagai kepala daerah, salah satu yang menjadi perhatiannya yakni perbaikan jalan nasional menuju Rawajitu.

Mantan ketua DPRD Tulangbawang tersebut mengaku intens menjalin komunikasi dengan pemerintah pusat agar jalan nasional tersebut segera diperbaiki.

“Alhamdulillah kini sudah mulai diperbaiki secara bertahap. Ini merupakan hasil dari do’a, gotong royong dan perjuangan warga Tulangbawang,” kata Winarti, Selasa (26/10).

Pemerintah melalui Kementerian PUPR tahun ini kembali menggarap perbaikan jalan nasional tersebut.

Baca Juga:   Pukuli Anak Kecil, Remaja Ditangkap Polisi

Tahun ini, perbaikan dilakukan secara bertahap dari Kecamatan Banjarmargo sampai Gunung Tiga, Kecamatan Gedungaji Baru. Pada tahap II ini, pemerintah pusat menganggarkan Rp184 Miliar sejauh 33,4 kilometer.

Sebelumnya pada tahun 2020 lalu, pemerintah pusat juga telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp24 miliar untuk pembenahan tahap satu di ruas jalan ini. Winarti menjelaskan, sebenarnya rencana pembangunan jalan nasional di Tulangbawang ditargetkan mencapai 64 km sampai Kecamatan Rawajitu Selatan.

Namun, untuk segmen selanjutnya, dimulai dari Tanjakan Gunung Tiga, Kecamatan Gedungaji Baru sampai Rawajitu Selatan rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2022 mendatang.

Secara keseluruhan, pembenahan ruas jalan nasional Simpang Penawar-Rawajitu Selatan dilakukan bertahap.

Preservasi jalan Simpangpenawar-Gedungaji Baru-Rawajitu merupakan prioritas nasional dalam rangka mendukung konektivitas jalan nasional di Provinsi Lampung.

Bupati perempuan pertama di Tulangbawang tersebut mengungkapkan, pelaksanaan pembangunan infrastruktur dimaksudkan sebagai sarana untuk meningkatkan kelancaran distribusi barang dan jasa di Tulangbawang.

Baca Juga:   Modus Baru, Beritahu Korban Dapat Bansos Lalu Gasak Handphone

“Terutama untuk mendukung pengembangan kembali produksi udang di Bumi Dipasena Kecamatan Rawajitu Timur,” kata Winarti.

Selain itu, pembangunan ruas jalan ini juga untuk meningkatkan kinerja sistem logistik nasional di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) pada khususnya, dan wilayah lintas Sumatera pada umumnya.

“Pemerintah pusat terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan penyediaan jaringan jalan yang baik,” ujar Winarti.

Meski sudah diperbaiki secara bertahap, Winarti mengingatkan kepada masyarakat dan para pengguna jalan untuk berhati-hati serta waspada jika melewati jalan nasional tersebut. Khususnya di wilayah PT Bangun Nusa Indah Lampung (BNIL), Kecamatan Banjarmargo, sebab belum adanya rambu-rambu dan marka jalan karena belum selesai pengerjaannya. (nal/sur)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan