Intensitas Hujan Tinggi, BPBD Minta Warga Waspada

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanggamus mengimbau masyarakat di berbagai kecamatan agar waspada bencana banjir dan tanah longsor. Ini menyusul intensitas hujan cukup tinggi pada beberapa minggu terakhir.

Kepala Pelaksana BPBD Tanggamus Ediyan M. Thoha mengatakan, potensi bencana yang sering terjadi saat musim hujan adalah banjir dan longsor. Bisa terjadi sekaligus dalam satu wilayah atau berbeda.


“Di sini ada kecamatan yang rawan banjir. Ada yang rawan longsor serta rawan keduanya saat musim hujan,” kata Ediyan M. Thoha.

Ia menerangkan, kecamatan yang berpotensi rawan bencana longsor dan banjir seperti Limau, Cukuhbalak, Kotaagung Timur, Semaka, Bandarnegeri Semuong, Wonosobo, Ulubelu, dan lainnya.

Baca Juga:   Bupati Tanggamus Lantik Tiga Kepala OPD

Untuk masyarakat yang berada di wilayah tersebut, diminta waspada. Sebab rawan bencana di daerah-daerah itu tergolong tinggi.

“Untuk masyarakat yang dekat sungai supaya waspada. Sering-seringlah memantau ketinggian air. Jika air sudah tinggi, segera mengungsi untuk keselamatan diri,” tegasnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat, agar tidak membangun rumah di tepian sungai. Sebab itu bisa merusak daerah aliran sungai. Akibatnya alur sungai tidak terarah.

Sementara, upaya yang dilakukan untuk kesiapan penanganan bencana, BPBD telah mengintensifkan siaga bencana memasuki musim hujan.

“Kami sudah adakan piket tim unit reaksi cepat (URC). Tim itu yang akan lebih dulu ke lokasi bencana. Tugasnya mengecek skala bencana dan memberikan pertolongan pertama. Selain persiapan personel, peralatan juga sudah disiagakan,” tandasnya. (ehl/rnn/ais)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan