IPM Lambar Meningkat 0,10 Poin


PAROSIL MABSUS
PAROSIL MABSUS

RADARLAMPUNG.CO.ID – Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Lampung Barat terus meningkat. Pada 2021 lalu sebesar 67,90 poin atau meningkat 0,10 dari tahun 2020.

Bupati Parosil Mabsus mengungkapkan, saat ini IPM Lambar berada di urutan delapan dari 15 kabupatebn/kota di Provinsi Lampung.





Peningkatan salah satu tolok ukur kemajuan daerah tersebut terus terjadi setiap tahun. Meski begitu, IPM Lambar masih masuk dalam katagori sedang.

”Indikator perekonomian merupakan tolok ukur keberhasilan daerah dalam mengelola sumber daya unggulan wilayahnya secara berkualitas dan potret dari kesejahteraan masyarakat atas imbal balik dari sumber daya yang dikelolanya,” kata Parosil.

Dilanjutkan, tahun 2021 pertumbuhan ekonomi mencapai 2,58 persen. Angka ini masih di bawah provinsi sebesar 2,79 persen.

”Untuk pendapatan per kapita pada tahun 2021 mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya, menjadi sebesar 24,71 juta. Tahun 2020 sebesar 23,41 juta rupiah,” bebernya.

Dijelaskan, peningkatan pendapatan per kapita seiring dengan meningkatnya pengeluaran per kapita. Pada tahun 2021 sebesar 9,96 juta, meningkat dari tahun 2020 sebesar 9,92 juta lebih.

”Menghadapi tantangan ekonomi dunia yang dikenal sebagai revolusi industri 4.0 yang mengedepankan pertumbuhan hijau (green growth), yaitu peningkatan pertumbuhan ekonomi dengan tetap menjaga alam dan berkeadilan sosial,” kata dia.

Ini harus dipersiapkan. Apalagi Lambar telah berkomitmen sebagai kabupaten konservasi yang memiliki sumber daya berupa kawasan hutan seluas sekitar 50% dan kawasan budidaya kopi Robusta seluas sekitar 25% dari total wilayah administrasi kabupaten itu. (nop/ais)