Iptek Faktor Penting Penunjang Inovasi

  • Bagikan
Pemkab Tulangbawang menggelar FGD dengan Kementerian Dalam Negeri. FOTO DISKOMINFO TULANGBAWANG

RADARLAMPUNG.CO.ID – Ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) menjadi salah satu faktor penting penunjang munculnya inovasi. Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan (Kaban) Litbang Kemendagri Agus Fatoni saat menghadiri Focus Group Discussion (FGD) dengan Pemkab Tulangbawang di GSG Menggala, Senin (22/3).

FGD dengan tema 25 program unggulan BMW sebagai Inovasi Daerah Kabupaten Tulangbawang tersebut, dilaksanakan secara virtual dan diikuti oleh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dengan menerapkan protokol kesehatan. Juga diikuti Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Otonomi Daerah, Politik, dan Pemerintahan Umum Kemendagri Deddy Winarwan.


Dalam kesempatan itu, Agus Fatoni kedepannya menginginkan Tulangbawang memiliki SDM yang semakin berkualitas.

Menurutnya, hal tersebut dapat terealisasi jika SDM di Tulangbawang menguasai iptek. “Karena Iptek sangat penting sebagai penunjang munculnya inovasi-inovasi terbarukan,” ungkapnya.

Baca Juga:   Hasil Zakat ASN, 46 Rumah Warga Dibedah

Dilanjutkannya, jika suatu organisasi ingin mendapatkan hasil kinerja tim yang maksimal, maka harus bisa menerapkan 3K (kompetensi, komitmen, kekompakan).

Sementara itu, Bupati Tulangbawang Winarti menjelaskan, kemajuan suatu daerah akan sangat ditentukan oleh inovasi-inovasi yang diciptakan bersama stakeholder terkait.

“Untuk itu, di sini sinergi antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat berperan sangat penting dan harus terus diwujudkan,” terangnya.

Winarti menyampaikan, pada tahun 2020 lalu Tulangbawang berada pada peringkat 18 dengan kategori sangat inovatif dari total 415 daerah di Indonesia.

“Kita berharap tahun 2021 ini Tulangbawang dapat meningkatkan indeks inovasi daerah dengan hasil memuaskan,” tandasnya. (nal/sur)




  • Bagikan