Itera Bahas Mitigasi Bencana Longsor

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Purino Prediksi dan Pemodelan Risiko Bahaya dan Bencana Itera menggelar webinar dengan tema Pemodelan dan Prediksi Longsor Sebagai Bahan Pengambilan Keputusan dan Mitigasi Kebencanaan secara virtual, Jumat (6/8).

Kegiatan tersebut bekerja sama dengan tim peneliti yang mendapat hibah penelitian Itera 2021 yang diketuai Dr. Ikah N.P. Permanasari dan dibuka oleh Sekretaris Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjamin Mutu Itera Dr. Raden Putra.


Raden Putra mengatakan, Indonesia adalah negara yang memiliki berbagai potensi bencana alam. Oleh karena itu, pembahasan mitigasi bencana ini sangat diperlukan.

“Maka dari itu, dengan adanya webinar ini para peserta dapat menyerap ilmu sebanyak-banyaknya. Terutama mengenai mitigasi bencana,” kata Raden Putra.

Baca Juga:   Tim PPPUD Polinela Lakukan Pendampingan Integrated Farming System

Sementara pemateri Dr. Ikah N.P. Permanasari yang juga dosen program studi Fisika Itera menyampaikan materi pemodelan, analisa dan prediksi longsor.

“Salah satu penyebab longsor terbesar di Indonesia adalah akibat topografi Indonesia yang tidak rata. Karena berada di tiga lempengan serta akibat curah hujan yang cukup tinggi. Longsor merupakan bencana yang terjadi sangat cepat. Hanya dalam hitungan detik cukup untuk meratakan suatu daerah. Karena itu mitigasi bencana longsor di Indonesia sangat diperlukan,” tegasnya.

Sementara Aminudin Hamzah selaku Dit. Mitigasi Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membahas mengenai kebijakan penanggulangan bencana untuk penurunan indeks bencana.

Untuk menanggulangi bencana, paling bagus bila kita berfokus pada pra bencana dengan berusaha mengurangi resiko yang terjadi akibat bencana,” tandasnya. (rls/mel/ais)




  • Bagikan