Itera-Kemenhub Kaji Peningkatan Kualitas Udara Kota di Indonesia

  • Bagikan

Dalam materinya ia memaparkan konsep transportasi hijau dan SDGs. Dia juga menyebut perlu inovasi dan terobosan untuk bisa menciptakan kota yang layak huni dengan kualitas udara baik.

Beberapa strategi dapat dilakukan seperti perbaikan tata guna lahan perkotaan atau ruang publik untuk membatasi aktivitas perjalanan dengan kendaraan pribadi, mendorong pergeseran dari moda transportasi boros energi ke moda yang ramah lingkungan, hingga melakukan efisiensi bahan bakar dan menggunakan kendaraan berbasis energi baru terbarukan.


“Masyarakat di Provinsi Lampung maupun provinsi lain di Indonesia saya harap dapat beralih ke kendaraan umum. Tentunya hal ini harus dibantu oleh pemerintah daerahnya agar kendaraan umum bisa disubsidi,” tegas Wihana.

Baca Juga:   Dosen FK Unila Gelar Promosi Kesehatan Berbasis Rumah Sakit untuk Tangkal Hoaks tentang Vaksinasi Covid-19

Sementara Ketua Lembaga Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan Itera Acep Purqon, menyampaikan, generasi muda perlu berperan besar dalam penanganan perubahan iklim yang saat ini terjadi.

“Generasi muda kita perlu membuat teknologi terbarukan untuk menyelesaikan permasalahan ini karena masyarakat berhak mendapatkan udara yang bersih,” ujar Acep. (rls/mel/ais)




  • Bagikan