Itera Lakukan Pelatihan & Sosialisasi Terkait Sistem Integrasi Data Kependudukan Sederhana (Sidaks) di Kecamatan Kota Agung Timur

  • Bagikan
Itera Lakukan Pelatihan & Sosialisasi Terkait Sistem Integrasi Data Kependudukan Sederhana (Sidaks). Sumber Foto Itera
Itera Lakukan Pelatihan & Sosialisasi Terkait Sistem Integrasi Data Kependudukan Sederhana (Sidaks). Sumber Foto Itera

RADARLAMPUNG.CO.ID – Institut Teknologi Sumatera (Itera) bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kecamatan Kota Agung Timur Kabupaten Tanggamus melakukan sosialisasi dan pelatihan terkait integrasi data kependudukan yang dilakukan oleh tim dosen Itera dari lintas program studi yaitu program studi sains aktuaria, sains data dan teknik informatika.

Sosialisasi dan pelatihan tersebut diikuti sebanyak 50 sukarelawan yang berasal dari perwakilan tiap pekon di wilayah tersebut, dan juga melibatkan beberapa mahasiswa.


Dosen Sains Aktuaria Itera Dani Almakya, S.Si., M.Si., yang juga ketua tim program pengabdian kepada masyarakat (PKM) Itera menjelaskan, kegiatan ini merupakan bentuk dari Tri Dharma Perguruan tinggi yang wajib dan rutin dilakukan setiap tahunnya.

“Kegiatan ini bukan kegiatan yang hanya sekali jalan kemudian selesai, melainkan ini adalah kegiatan awal yang diharapkan kedepannya akan terus terjalin kerjasama dan membuahkan kegiatan serupa yang membawa manfaat kepada masyarakat luas khususnya daerah kota Agung Timur,” ujarnya.

Baca Juga:   Yuk Kenali Jarak Bebas SUTT dan SUTET

Sementara itu, Camat Kota Agung Timur melalui sekretarisnya Apandi, S. IP., menuturkan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Karena kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bagus dan sangat bermanfaat.

“Kegiatan ini harus dimaksimalkan dan dimanfaatkan untuk masing-masing Pekon. Hal ini untuk juga menunjang keterbukaaan informasi maupun kemudahan akses potensi-potensi pekon terkait,” ungkapnya.

Sementara, Ferry Widhiatmoko, S.Pd.,M.Sc., dari prodi sains aktuaria menjadi narasumber pada kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan tersebut membahas secara detail tahapan penyusunan laman berbasis wordpress serta mengupas tuntas terkait dengan bagaimana menyisipkan informasi potensi desa, cara memasarkan produk secara digital, serta menyusun laman informatif dan mudah dipahami oleh pengguna maupun masyarakat.

Baca Juga:   Tim Polinela Melakukan Penyuluhan Aplikasi POC dan Kompos Maggot di KWT Pesawaran

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi jembatan yang ideal antara atmosfir akademik kampus dengan keadaan maupun potensi daerah masing-masing. Serta dapat dilanjutkan secara berkelanjutan melalui diskusi-diskusi di waktu yang akan datang,” pungkasnya.

Dalam kegiatan pengabdian tersebut, tim Itera juga menyerahkan satu prototipe teknologi yang dinamai Sistem Integrasi Data Kependudukan Sederhana (SIDAKS) kepada tenaga administrasi kecamatan untuk dapat dikelola secara mandiri dan dimanfaatkan sebaik mungkin SIDAKS tersebut diharapkan dapat membantu pihak kecamatan dan pekon pekon terkait agar mempermudah proses administrasi.

Kerena kegiatan ini sifatnya berkelanjutan, pihak Itera tetap memberikan pendampingan ketika ada muncul masalah atau kendala terkait penggunaan teknologi tersebut. (**/sur)




  • Bagikan