Itera Segera Buka Program Magister Fisika

  • Bagikan
FOTO IST.

RADARLAMPUNG.CO.ID – Program studi Magister Fisika bakal dibuka Institut Teknologi Sumatera (Itera). Hal ini disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik Itera Prof. Dr-Ing Mitra Djamal.

“Benar, pengajuan pendirian program studi S2 Fisika Itera saat ini telah memasuki tahap akhir dan tinggal menunggu izin dari pusat. Mudah-mudahan tidak lama lagi SK izin pendiriannya segera keluar,” ujar Prof. Mitra.


Selanjutnya, Prof. Mitra menyampaikan, latar belakang pendirian prodi S2 Fisika adalah tingginya kebutuhan pendidikan magister fisika di Sumatera, terutama dalam menunjang penguatan basic science (ilmu sains dasar) bagi guru-guru fisika di Sumatera.

Selain itu juga guna memenuhi kebutuhan peneliti di lembaga penelitian dan kebutuhan dosen di perguruan tinggi di bidang fisika.

Baca Juga:   Tim PKM Polinela Mengadakan Pelatihan Pembuatan Abon Lele 

“Itera juga menargetkan Prodi S2 Fisika dapat menerima mahasiswa baru pada semester ganjil tahun akademik tahun 2021/2022. Sementara kuota awal penerimaan mahasiswa baru di program studi ini direncanakan sekitar 25 mahasiswa baru angkatan pertama,” tambahnya.

Prof. Mitra menambahkan, dalam hal kesiapan sumber daya manusia (SDM) dosen, Itera sudah sangat memenuhi persyaratan untuk mendirikan Prodi Magister Fisika. “Kami memiliki SDM doktor fisika yang mencukupi, fasilitas pendukung seperti gedung kuliah, peralatan laboratorium, fasilitas internet dan sarana pendukung lainnya juga sudah sangat memadai,” ungkap Prof. Mitra.

Ke depan Itera akan membuka program S2 untuk bidang sains lainnya seperti matematika, kimia, biologi, farmasi dan bidang teknik seperti teknik informatika, teknik sipil, serta perencanaan wilayah dan kota. (rma/sur)




  • Bagikan