IWAPI Lampung Gandeng Disnakkeswan Gelar Webinar Produk Pangan asal Hewan

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID-DPD IWAPI Provinsi Lampung bersinergi dengan Dinas Peternakan & Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Provinsi Lampung mengadakan webinar yang mengangkat tema “Produk Pangan Asal Hewan Dari Sudut Jaminan Keamanan Pangan dan Daya Saing”.

Wakil Ketua Umum (WKU) VIII DPD IWAPI provinsi Lampung yang membidangi Pertanian dan Peternakan, Ir. Hj. Dessy Desmaniar Romas, MM didampingi oleh Komtap Pertanian, Ir. Mutiaslina Djayasinga, MM dan Komtap Pertanian, Lina Sari Merawi, SH mengatakan kegiatan webinar kali ini merupakan implementasi program WKU VIII DPD IWAPI provinsi Lampung, diikuti oleh Pengurus IWAPI se-provinsi lampung serta para pengusaha UMKM wanita di bawah naungan DPD IWAPI provinsi Lampung


“Webinar kali ini merupakan program kerja WKU VIII DPD IWAPI provinsi Lampung dengan menghadirkan narasumber Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung, drh. Anwar Fuadi, MPH,” katanya.

Adapun materi yang diberikan secara umum adalah cara memilih daging ayam yang baik, telur yang baik, kandungan serta cara mengolah daging menjadi menu yang sehat, bergizi, dan seimbang.

Anwar Fuadi mengatakan, komsumsi protein hewani di Indonesia masih sangat rendah. Webinar ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat lampung melalui para pengurus IWAPI provinsi Lampung dan pelaku UMKM wanita yang berada dibawah naungan DPD IWAPI Lampung dalam memberikan alternatif atau pilihan menu makanan yang menggugah selera dari protein hewani.

“Salah satu asupan yang penting berasal protein hewani. Melalui pengetahuan nilai gizi dan menu makanan yang dapat diolah dari daging dan telur kita dapat memenuhi asupan gizi keluarga kita,” ujarnya, Selasa (21/9).

Anwar Fuadi mengapresiasi kerja sama DPD IWAPI provinsi Lampung dengan Dinas Peternakan & Kesehatan Hewan Provinsi Lampung mengedukasi masyarakat Lampung dalam menyediakan produk pangan asal hewan yang aman, sehat, utuh dan halal sebagai sumber hewani bagi pertumbuhan anak dan menjaga kesehatan keluarga.

“Dalam pandemi COVID-19 ini kita harus punya stamina keluarga yang bagus, salah satunya adalah dengan memberikan asupan protein hewani kepada keluarga,” lanjutnya.

Sementara Kepala Dinas Dinas Peternakan & Kesehatan Hewan Provinsi Lampung, Ir. Lili Mawarti, M.Si mengatakan, bincang santai ini bertujuan memberikan informasi sebanyak-banyaknya kepada masyarakat, melalui pengurus IWAPI provinsi Lampung dan para UMKM wanita di bawah binaan IWAPI tentang perlunya jaminan keamanan pangan produk daging dan telur.

“Komsumsi protein hewani masyarakat kita masih sangat rendah, hanya 8,55kg/kap/thn. Protein hewani dari telur dan susu hanya3,35kg/Kap/thn, daging hanya 4,2 kg/kap/thnSebanyak. Perlu kiranya kita sosialisasikan pentingnya asupan protein dari hewani untuk tubuh kita yang seimbang,” terangnya.

Ketua DPD IWAPI Provinsi Lampung, Dr. Ir. Hj. Armalia Reny Madrie AS.,MM menyambut baik kegiatan webinar bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung.

Kegiatan webinar ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat akan pentingnya mengkomsumsi protein hewani dengan tidak mengabaikan prinsip ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal). Aman artinya bisa dikomsumsi, sehat bergizi, utuh tidak dicampur dengan bahan lain yang tidak sesuai dan harus halal.

“Webinar ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan masyarakat akan pentingnya mengkomsumsi protein yang bersumber dari hewani yakni daging, susu dan telur tetapi tanpa mengabaikan prinsip ASUH, yakni Aman, Sehat, Utuh dan Halal. Kedepan, IWAPI dan Dinas Peternakan & Kesehatan Hewan Provinsi Lampung tetap bersinergi dan bekerjasama demi masyarakat Sehat, Lampung Berjaya ,” pungkasnya. (adv)




  • Bagikan