“Jadilah Pebisnis, Bukan Penjual”

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Mindset berpikir seorang pengusaha, harus dirubah. Tidak hanya menjadi seorang penjual namun menjadi seorang pebisnis.

Hal tersebut diungkapkan M.Ravie, pemilik usaha Rafins Snack, saat menjadi pemateri dalam Festival UMKM IMA 2021 yang dilaksanakan Indonesia Marketing Association (IMA) Lampung yang berlangsung live streaming di youtube radarlampung news streaming , Sabtu (27/3).

Menurutnya, Memulai suatu usaha, tentu tidak serta merta hanya berpatokan pada apa yang hanya di inginkan. Meskipun untuk melakukannya harus menyesuaikan dengan minat, kemampuan, dan hobi.

“Tapi kita harus ingat peluang apa yang ada di masyarakat. Riset dulu, baru Launching Produk, dalam membuat bisnis, saya melihat peluang untuk bisa menciptakan produk. Saran saya, jadilah Pebisnis dibandingkan Penjual. Karena, seorang pebisnis mampu mengembangkan aset. Sedangkan kalau penjual umumnya hanya berfokus pada penjualan (Sales), terkadang tanpa memikirkan strategi yang matang yang akhirnya akan menimbulkan kerugian pada usahanya sendiri,” bebernya.

Baca Juga:   Kemenparekraf Bakal Bantu Tata Kawasan Kemiling dan Pulau Pasaran

Sementara, Ahmad Junaidi, Pimpinan Cabang JNE Lampung mengatakan, seiring berkembangnya online shop dan UMKM di Provinsi Lampung, pengiriman paket juga ikut mengalami peningkatan. Ditambah merebaknya virus covid-19 aktivitas masyarakat kian terbatas, maka pengiriman paket menjadi solusi untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

“Masa pandemi ini, banyak pebisnis yang beralih ke online shop. Ini terlihat aktifitas jasa pengiriman, lebih banyak dibandingkan masa normal. Makanya, peluang ini yang kami ambil untuk memberikan beberapa program yang dapat meringankan beban pengiriman barang,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Presiden IMA Lampung Heri Andrian, melalui VP Academic IMA Bandarlampung, Vio Dianh  Septiana menyampaikan kembali bahwa Festival UMKM yang diselenggarakan oleh IMA Lampung secara online hingga 28 Maret 2021.

Baca Juga:   Menara Masjid Al Furqon Bakal Dibuka untuk Umum

“Kalau besok (Minggu,red), kami menghadirkan Sheyla Taradia Habib (Owner BeeMe Skincare) dan Rere (Owner Kata Semesta). Acaranya dilaksanakan pukul 15.00 wib, live streaming di Radar Lampung Youtube,” katanya. (gie/yud)



  • Bagikan



Yuk Daftar, Radar Lampung-PT Ciomas Adisatwa Bersinergi Gelar Lomba Putra Putri Muslim 2021 Kasus Covid-19 Kembali Merangkak Naik Viral Polisi Terlantar di Merak, Brigadir Agus Dijemput Pulang Polda Lampung