Jaksa Agung Tinjau Operasi Katarak di RS Panti Secanti

  • Bagikan
Jaksa Agung H.M. Prasetyo didampingi tim dokter dan pihak Rumah Sakit Panti Secanti Gisting memberikan sambutan dalam pembukaan bhakti sosial Operasi Katarak, Sabtu (13/7). FOTO EDI HERLIANSYAH/RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id – Jaksa Agung H.M Prasetyo meninjau pelaksanaan Operasi Katarak di Rumah Sakit Panti Secanti Gisting, Sabtu (13/7). Kegiatan tersebut berlangsung dalam bhakti sosial Hari Bhakti Adhyaksa Ke-59 dan HUT Ke-19 Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD).

H.M Prasetyo didampingi Ketua Umum IAD Ros Ellyana, Wakil Jaksa Agung Arminsyah, Ketua IAD Pusat Wilza Yunita, Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara Loeke Larasati, Sekretaris Jampidsus Bambang Sugeng Rukmono, Kajati Lampung Sartono, Kajati DKI Jakarta Warih Sardono dan IAD Lampung Teti Sartono.

Rombongan tiba di RS Panti Secanti sekitar pukul 10.40 WIB dan disambut Bupati Tanggamus Dewi Handajani, Kepala Kejari Tanggamus David P. Duarsa serta Forkopimda.

Kepala Kejati Lampung Sartono mengatakan , baksos Operasi Katarak dan Pterygium ini digagas HM Prasetyo sejak menjabat Jaksa Agung. ”Kegiatan ini merupakan komitmen kepedulian dan wujud empati terhadap masyarakat, khususnya yang terkena katarak,” kata Sartono dalam sambutannya.

Baca Juga:   Kejari Lamsel Cek RSUD Bob Bazar, Tiga Obat Covid-19 Langka

Sementara H.M Prasetyo mengatakan, peserta Operasi Katarak tidak hanya berasal dari Tanggamus. Namun ada warga dari kabupaten lain. “Kuota awalnya 300 orang. Tapi saya dapat informasi dari dr. Andreas selaku ketua tim, ada tambahan 20 orang. Jadi total 320 orang yang dioperasi dan ditambah kegiatan Papsmear yang diikuti 50 orang dengan pelaksanaan di RSUD Kotaagung,” kata Prasetyo.

Menurut dia, Operasi Katarak ini sebagai wujud mendekatkan diri kepada masyarakat dan untuk mengubah stigma bahwa jaksa hanya melaksanakan penegakan hukum. Namun ada kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Ini sebagai bentuk kepedulian dari kejaksaan, sekaligus mendekatkan diri kepada masyarakat. Semoga apa yang dilakukan, diterima baik oleh masyarakat. Saya ucapkan juga terima kasih kepada relawan dan dermawan yang sudah membantu kegiatan ini,” ujarnya.

Baca Juga:   RSUD Dadi Tjokrodipo Bakal Jadi RS Khusus Covid-19

Dalam kesempatan tersebut, Prasetyo sempat berdialog dengan warga yang mengikuti operasi. ”Ada yang terkendala biaya, sehingga tidak bisa operasi. Untuk itulah kami hadir di sini. Kalau ada pasien yang butuh penanganan mata, kami siap hadir kembali di sini,” tegas mantan Kepala Kejari Kotabumi tersebut.

Usai menyampaikan sambutan, Jaksa Agung dan rombongan dengan dipandu dr. Andreas serta Dirut RS Panti Secanti Gisting meninjau pelaksanaan operasi. (ral/ehl/ais)




  • Bagikan