Jalan Rusak, Warga Pilih Transportasi Perahu

  • Bagikan
Warga Kampung Karangagung, Kecamatan Pakuanratu, Waykanan menggunakan perahu sebagai sarana transportasi untuk mengeluarkan hasil perkebunan. FOTO AZHARI FOR RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Masyarakat Dusun Karang Baru, Kampung Karangagung, Kecamatan Pakuanratu, Waykanan memanfaatkan perahu sebagai sarana transportasi.

Penggunaan perahu di sungai Way Umpu dilakukan lantaran banyak jalan rusak dan tidak bisa dilintasi. Terutama untuk mengeluarkan hasil perkebunan.

Menurut Jones, salah seorang pemilik perahu, belum diperbaikinya jalan kampung menjadi penyebab warga menggunakan perahu.

“Itu adalah jalan terbaik untuk mengurangi risiko dari pengendara. Solusi bagi petani yang memiliki perkebunan di seberang sungai ini,” kata Jones, Sabtu (20/3).

Kondisi ini diperparah sejak pandemi virus Corona. Selain biaya transportasi yang cukup besar, harga jual hasil perkebunan juga rendah.

Sementara Azhari, warga lainnya mengatakan, saat musim hujan, biaya transportasi darat menjadi mahal.

Baca Juga:   Persiapan Salat Idul Fitri, Warga Sterilisasi Masjid

“Musim hujan, biaya transport meningkat. Sebab jalan rusak parah. Tidak jarang mobil yang digunakan untuk mengangkut hasil pertanian harus di kawal dengan traktor (bajak, Red),” kata Azhari. (sah/ais)

 





  • Bagikan