Mudik  

Jalinbar Liwa Dipadati Pemudik


Pemudik terpantau ramai melewati ruas jalan di kecamatan Liwa Lampung Barat Minggu (9/6). Foto Nopri/rnn/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id – Pantauan Pos Pengamanan (Pospam) arus Mudik dan arus balik lebaran hari raya idul fitri 1440 Hijriah, di Tugu Liwa, Kelurahan Pasar Liwa Kecamatan Balikbukit Lampung Barat, puncak arus balik lebaran diperkirakan terjadi Minggu (9/6).

Sejumlah kendaraan ber nomor polisi pulau jawa dan lainnya melintas. Yermasuk bus-bus angkutan kota antar provinsi (AKAP) juga ramai melintas. Sementara itu, mengingat menjadi hari terakhir libur lebaran arus lalulintas juga dipadati oleh warga yang hendak menuju tempat-tempat wisata.





Kapospam Tugu Liwa Ipda Juherdi mendampingi Kapolres AKBP Doni Wahyudi, S.IK., mengatakan, Lambar yang merupakan penghubung antara lintas tengah dengan lintas barat, termasuk menjadi perlintasan dari Sumatera Selatan, tentunya ramai dilintasi oleh kendaran-kendaraan dari luar daerah.

”Kami pantau hari ini (minggu) menjadi puncak arus mudik lebaran hari raya idul fitri tahun ini, selain itu banyak kendaraan juga melintas untuk menuju lokasi wisata, seperti danau ranau, Kebun Raya Liwa, dan pantai krui, mungkin karena hari ini menjadi hari terakhir libur lebaran, sehingga tampak lebih ramai dari hari-hari sebelumnya,” ungkap Juherdi.

Dikatakannya, untuk jalur Liwa-Krui kerap terjadi kepadatan dan kemacetan lalulintas, selain karena jalan yang sempit, juga disebebakan banyaknya kendaraan yang tidak bersabar, namun Kasatgas Kamseltibcar Lantas Iptu Ipran, dan Kapospam Tugu Liwa sigap menurunkan anggota guna mengurai kemacetan sehingga tidak lama.

”Untuk kemacetan lalulintas memang terkadap tidak bisa dihindarkan, khususnya di jalur Liwa-Krui, namun itu bisa ditasi dalam waktu yang singkat, dan Alhamdulillah tidak ada kendala lain seperti longsor atau pohon tumbang, yang bisa saja menyebabkan kemacetan yang lama,” kata dia.

Pihaknya mengimbau, kepada seluruh pengendara baik yang hendak kembali ke daerah tempat bekerja atau bahkan yang hendak menuju lokasi wisata untuk tetap berharti-hati dan memperhatikan keselamatan dalam berlalulintas. ”Patuhilah peraturan lalulintas, sehingga bisa selamat sampai tujuan,” pungkasnya. (nop/rnn/wdi)