Jangan Sampai Pudar! Tradisi Gotong-royong Memindahkan Rumah

  • Bagikan
Gotong-royong memindahkan rumah warga di RK.02 Desa Adiluhur, Kecamatan Pancajaya, Mesuji, Sabtu (11/5). FOTO DOKUMENTASI BABINSA ADILUHUR
Gotong-royong memindahkan rumah warga di RK.02 Desa Adiluhur, Kecamatan Pancajaya, Mesuji, Sabtu (11/5). FOTO DOKUMENTASI BABINSA ADILUHUR

radarlampung.co.id – Ini cara masyarakat di Mesuji melestarikan adat istiadat. Salah satunya gotong royong mengangkat dan memindahkan rumah, yang berlangsung di Desa Adiluhur, Kecamatan Pancajaya, Sabtu (11/5).

Gotong royong itu dilakukan untuk memindahkan rumah salah seorang warga RK. 02. Turut dalam kegiatan tersebut, Babinsa Adiluhur Koptu Suroso.

Menurut Suroso, kegiatan ini bermula saat warga desa di bawah binaannya datang dan menyatakan akan  memindahkan rumah. Lantas, ia berkoordinasi dengan Ketua RK.02 untuk menggerakkan masyarakat membantu pemindahan bangunan.

“Sudah seharusnya kegiatan gotong royong ini terus dilakukan. Sangat bermanfaat dan membantu meringankan beban pekerjaan warga yang membutuhkan. Gotong-royong juga merupakan identitas pemersatu bangsa. Khususnya warga RK. 02 Desa Adiluhur,” kata Suroso.

Baca Juga:   Pemkab Mesuji Bangun Tiga Koramil

Sementara Yanto, salah seorang warga mengatakan, tradisi turun- temurun seperti itu sudah sulit ditemui. Padahal ini merupakan aset warisan budaya yang perlu dijaga.

“Seiring perkembangan teknologi, tradisi seperti ini sedikit memudar. Padahal kegiatan ini mengedepankan nilai kebersamaan. Bergotong royong mengangkat dan memindahkan rumah. Semoga ke depan terus terjaga,” ujarnya. (muk/ais)




  • Bagikan