Jelang Arus Mudik, Jalintengsum Rusak Parah

  • Bagikan
Kondisi Jalintengsum di sejumlah titik di Kabupaten Lampura mengalami kerusakan parah bahkan sering mengakibatkan kecelakaan. Foto Fahrozy Irsan Toni/Radarlampung.co.id

radarlampung.co.id – Sejumlah pengguna Jalan yang melintas di sepanjang Jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalintengsum) Kabupaten LampungUtara (Lampura) mengelukan kondisi jalan berlubang dan bergelombang.

Akibatnya, sering terjadi kecelakaan lalulintas di beberapa titik Jalintengsum, mulai dari Kecamatan Blambangan Pagar hingga ke Kecamatan Bukitkemuning, kondisinya saat ini memprihatinkan.

Pantuan Radarlampung.co.id, jalan Nasional yang rusak berlokasi di Desa Blambangan, Simpang Peropau Kecamatan Abung Selatan, desa Bonglai Kecamatan Abung Kunang, Desa Talang Paris, desa Pulau Panggung Napal Belah Kecamatan Abung Barat, dan Kelurahan Bukitkemuning, Kecamatan Bukitkemuning.

Kedalaman lubang bervariasi, bahkan hingga mencapai 30 cm. Dengan diamter mulai dari 1-2 meter. “Sudah sering terjadi kecelakaan mas. Kecelakaannya sepeda motor yang terjungkal, hingga truk yang patah AS rosa akibat terperosok lubang di badan jalan,” ujar Andika (25) salah seorang pengendara minibus yang sering melintas di jalan tersebut, Kamis (25/4)

Senada dikatakan M. Firdaus (53), salah seorang warga berada di desa Pulau Panggung. Menurutnya, kondisi jalan saat ini parah. Selain berlubang, juga jalannya bergelombang.

“Coba anda bayangkan, sebentar lagi masyarakat akan mudik. Kalau kondisi seperti ini, tidak ada perubahan, saya yakin tingkat kecelakaan akan tinggi,” terangnya.

Untuk itu, dia berharap pemerintah melalui insyansi terklait dapat memperhatikan jalan Lintas Sumatera ini. “Warga disepanjang jalan ini, berdampak debu yang dihasilkan dari jalan. Inikan berdampak kondisi kesehatan juga buat warga. Apa lagi kondisi ujan, airnya membanjiri jalan dan sebagian masuk dirumah, dikarnakan saluran dranase yang tersumbat akibat jarang ada perbaikan,” keluhnya.

Terkait kerusakan sejumlah ruas jalan lintas Sumatera tersebut, Bupati Lampura Agung Ilmu Mangkunegara menyatakan bahwa pihaknya telah mengajukan perbaikkan ruas jalinsum, mulai dari Kecamatan Blambangan Pagar-Kecamatan Bukit Kemuning. 

“Ya itu sudah kita ajukan, baik itu dengan pemerintah provinsi maupun pusat. Responnya baik, mudah-mudahan dalam waktu dekat akan dilaksanakan perbaikkan atau rehab. Sehingga masyarakat dapat aman melintas jelang mudik memasuki awal ramadhan dan Idul Fitri,“ katanya.

Menurutnya, saat ini perbaikkan sejumlah ruas jalan, mulai dari provinsi sampai dengan pusat tengah dilaksanakan proses. Sehingga pengerjaan tidak lama lagi akan dilaksanakan, sebagai upaya pemerintah dalam mendukung ekonomi rakyat. 

“Ada beberapa ruas jalan, khususnya di provinsi sudah kita upayakan perbaikkan secara sementara. Untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat dalam melaksanakan aktivitasnya,” tandas Agung. (ozy/kyd)




  • Bagikan