Jelang Debat Cawapres, Ma’ruf Amin dan Sandiaga Lakukan Ini

  • Bagikan
ILUSTRASI INTERNET

RADARLAMPUNG.CO.ID – Debat cawapres bakal digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI malam ini (17/3) di The Sultan Hotel, Jakarta Pusat. Sebelum digelar, masing-masing cawapres melakukan hal berbeda.

Cawapres 01 Ma’ruf Amin memilih menghadiri doa bersama di Jakarta. Seperti yang dilansir laman tempo.co Ma’ruf Amin, menghadiri acara doa bersama dengan ulama dan habaib. Para ulama dan habaib ini mengaku berasal dari Aceh hingga Papua. Mereka berkumpul untuk mendoakan Ma’ruf Amin dalam debat.


Ma’ruf mengaku bersyukur dan bergembira diundang hadir ke acara tersebut untuk bisa berdoa bersama para ulama agar pilpres berjalan aman, tentram, dan tak terjadi kekurangan apapun.

“Termasuk dalam debat nanti semua berjalan aman serta tanpa masalah,” kata Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia tersebut di Rumah Saleh, Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (16/3).

Ma’ruf mengaku tidak melakukan persiapan khusus menjelang debat cawapres di Hotel Sultan, Jakarta. “Persiapannya tidak spesial tidak spesifik. Sambil baca, sambil dengar itu saja. Santai saja, santai,” ucap Ma’ruf.

Cawapres pasangan Joko Widodo atau Jokowi ini mengatakan dirinya akan tampil apa adanya. Ia juga mengungkapkan bakal menyitir ayat Al Quran apabila hal itu relevan dan dibutuhkan saat debat. Mengenai debat nanti, Ma’ruf juga tak akan berfokus pada satu dari empat tema yang akan dibahas.

Ya, dia mengaku ingin memberikan perhatian sama untuk keempat tema yang akan didebatkan. Keempat tema itu adalah kesehatan, pendidikan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya.

“Empat-empatnya tidak bisa ditekankan (hanya) satu. Semuanya menjadi bagian dari materi debat,” kata dia.

Sementara cawapres 02 Sandiaga Uno sebelum debat, Minggu (17/3) pagi memilih bersama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang juga sebagai Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat untuk lari dan bermain basket bersama.

“Selamat pagi… Sekarang saya bersama tim Jakarta Berlari akan berlari menuju Bulungan, namun sebelumnya akan bertemu dulu dengan Mas @agusyudhoyono di dekat Roti Bakar Eddy. Sampai bertemu, Mas AHY!,” sebut Sandi melalui akun instagramnya.

Kemudian di dalam postingan lainnya, Sandi membagikan videonya bersama AHY usai melakukan lari. Dan AHY memberikan masukan untuk debat yang akan berlangsung Minggu malam.

“Saya beruntung Mas AHY ada di sini karena mau memberikan masukan untuk debat sekaligus lari dan olahraga bareng,” sebut Sandi di dalam salah satu video yang di-upload-nya.

Pada postingan lain, Sandi mengatakan kegiatan olahraga pagi banyak menarik perhatian anak muda serta UMKM yang berada di dekat lokasinya berolahraga menjadi laris manis. Itulah yang menurutnya menjadi salah satu fokus Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi dalam meningkatkan perekonomisan masyarakat.

“Main basket bareng Mas @agusyudhoyono di Lapangan Basket Bulungan, Jakarta Selatan. Banyak sekali yang datang di acara ini, saya lihat tadi kebanyakan anak-anak muda. Saya juga senang dengan adanya acara main basket ini, UMKM di sekitar lokasi laris manis. Inilah yang menjadi fokus kita dari Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, kita ciptakan event yang tidak hanya menguntungkan pasangan calon, tapi juga memberikan dampak positif pada UMKM dan tentunya pada ekonomi rakyat di sekitarnya,” sebut Sandi.

Sementara AHY juga membagikan pengalamannya bermain basket dan lari bersama Sandi. Hal ini tergambar dari kutipan caption foto yang di-share AHY Minggu (17/3) siang.

“Pagi ini saya berolahraga bersama dengan mas @sandiuno; lari pagi dan bermain basket di Bulungan, Jakarta Selatan. Acaranya seru dan menyenangkan, disaksikan masyarakat, khususnya anak-anak muda yang antusias melihat kebersamaan kami berdua.”

“Dengan teamwork yang baik, tim kami menang. Selesai pertandingan, saya mojok bersama mas Sandi sambil makan bubur ayam. Pada kesempatan yang baik itu, saya menyampaikan masukan secara pribadi dan atas nama Partai Demokrat terkait materi dan tips untuk Debat Cawapres malam ini.”

“Mudah-mudahan debat nanti malam bisa menginspirasi masyarakat Indonesia, khususnya dalam isu-isu di bidang pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan dan sosial budaya. Keempat isu itu penting karena terkait dengan pembangunan sumber daya manusia di negeri ini.”

“Partai Demokrat berkomitmen untuk terus memperjuangkan kehidupan rakyat agar semakin baik, berkualitas dan sejahtera.”

“Kami berdua senang karena acara pagi ini menunjukkan bahwa politik itu keren, fun, dan edukatif. Sehat dan sukses selalu mas Sandi… Terima kasih atas kebersamaan hari ini. #DemokratS14P #SandiAHYBasketBareng.” Demikian tulis AHY. (rma/net/sur) 




  • Bagikan