Jelang Idul Adha, Kadisnak Beber Jumlah Hewan Kurban di Lamsel

  • Bagikan
Kantor Kadisnak Lamsel. Foto ist

radarlampung.co.id – Jelang Hari Raya Idul Adha, pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Pemkab Lamsel) mendata seluruh hewan kurban di wilayah Lamsel.

Kepala Dinas Peternakan Lamsel, M. Arsyad menjelaskan, saat ini, kebutuhan masyarakat untuk hewan kurban meningkat cukup tinggi. Atas dasar tersebut, pihaknya telah mendata hewan kurban yang berada di wilayah Lamsel.

“Untuk Hewan sapi ada 3591 ekor, Kerbau 65 ekor, Kambing 6512 ekor dan domba 610 ekor,” ungkap Arsyad, minggu (21/7).

Dia menjelaskan, kebutuhan yang tinggi, dimungkinkan adanya hewan ternak yang masuk ke Lamsel. Namun, yang patut diwaspadai adalah adanya penyakit yang dibawa oleh hewan tersebut.

Sebab, Hewan yang ada di Lamsel, pengawasan kesehatan ternak/hewan kurban di tempat-tempaI penjualan penampungan hewan kurban sudah dijalankan.

Baca Juga:   Rekor Baru, Unila Sembelih 29 Ekor Hewan Kurban

“Nah, ternak yang berasal dari luar daerah maupun yang keluar daerah harus bebas penyakit dan disertai Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH/Sertifikat Veteriner) dari daerah asal dan rekomendasi pengeluaran dari daerah asal. Ini untuk menjaga agar hewan itu bebas dari penyakit,” bebernya.

Menurutnya, hewan di Lamsel telah memenuhi kebutuhan untuk hewan kurban. Sebab, dirinya memperkirakan, hewan kurban untuk memenuhi hari raya Idul Adha sekitar 1500 ekor.

“Jadi, kebutuhan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha dapat dipenuhi dari kelompok-kelompok ternak penggemukan dan pengempul/penampung/penjual hewan kurban yang tersebar diseluruh Kecamatan di Kabupaten Lamsel,” pungkasnya. (yud/wdi)




  • Bagikan